Selamat! Manajemen UMS Terakreditasi Unggul Menuju World Class University

Publish

18 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
167
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SOLO, Suara Muhammadiyah - Program Studi Manajemen Program Sarjana (S-1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menangguhkan predikatnya sebagai Program Studi yang terakreditasi Unggul melalui Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA).

LAMEMBA adalah Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi yang bertugas untuk melakukan proses Akreditasi untuk Program Studi di Bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, yang diprakasai oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan Asosiasi Fakultas Ekonomi, dan Bisnis Indonesia (AFEBI).

"Ada 9 kriteria penilaian yang menyebabkan kami memperoleh Akreditasi Unggul, meliputi : (1) Visi Misi; (2) Tujuan dan Strategi; (3) Tata Kelola, Tata Pamong dan Kerjasama; (3) Mahasiswa; (4) Sumber Daya Manusia; (5) Keuangan, Sarana dan Prasarana; (6) Pendidikan; (7) Penelitian; (8) Pengabdian kepada Masyarakat; serta (9) Luaran dan Capaian Tridharma," papar Kaprodi Program Studi S-1 Manajemen UMS, Dr. Rini Kuswati, S.E., M.Si, CMA., saat ditemui pada Selasa, (13/8).

Rini juga menerangkan bahwa sebelumnya Prodi Manajemen sudah Terakreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan kali ini terakreditasi dari LAMEMBA.

"Untuk yang akreditasi dari LAMEMBA ini kriterianya lebih detail, lebih kualitatif, dan lebih menonjolkan dimensi internasionalnya untuk dapat meraih akreditasi Unggul," ungkap Kaprodi Manajemen itu.

Yang paling penting, jelasnya, dari 9 kriteria, yaitu Tata Pamong dan Kurikulum yang di mana membuktikan kurikulum kita berdaya saing internasional, dan juga prestasi mahasiswa, prestasi dosen, riset, kerja sama, penelitian, dan pengabdian berskala internasional.

Di segi internasional, Kaprodi menyebutkan bahwa pada Prodi Manajemen mempunyai program internasional, kerja sama dengan lembaga perguruan tinggi luar negeri seperti program double degree yang lulusannya sudah mendapatkan dua ijazah sekaligus, serta mendorong dan mendukung mahasiswa untuk berprestasi dan yang sudah berprestasi di kancah internasional.

"Terdekat, ada mahasiswa kami yang akan mengikuti kompetisi International Business Pitching yang diadakan dalam rangka Faculty of Business Management and Professional Studies Entrepreneurship Week 2024 (FBMP ETR Week 2024) di Management and Science University (MSU), Malaysia," kata Rini.

Akreditasi tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Eksekutif LAMEBA, Prof. Dr. Ina Primiana, S.E., M.T., pada Senin, (12/8), melalui Surat Keputusan Peringkat Akreditasi dan Sertifikat Akreditasi nomor 615/DE/A.5/HA.2/VIII/2024.

Terbilang pada surat tersebut, berdasarkan Peraturan LAMEBA No. 2 Tahun 2021 Tentang Mekanisme Akreditasi, bersama itu disampaikan Surat Keputusan (SK) Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEBA) tentang Peringkat Akreditasi beserta Sertifikat Akreditasi untuk Program Studi Manajemen Pada Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kabupaten Sukoharjo.

Diberikan juga Sertifikat Akreditasi berdasarkan Keputusan LAMEBA No. 1444/DE/A.5/AR.10/VIII/2024, menyatakan bahwa Program Studi Manajemen Pada Program Studi Manajemen Pada Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kabupaten Sukoharjo. Terakreditasi dengan Peringkat : Unggul. Sertifikat Akreditasi itu berlaku 5 tahun sejak tanggal 9 Agustus 2024 sampai dengan 9 Agustus 2029. (Yusuf/Humas)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah berkolaborasi dengan Program INO....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Pada Sabtu (14/10), Ketua PP Muhammadiyah, Agus Taufiqurrahman, memberi....

Suara Muhammadiyah

14 October 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - “Selain untuk berdakwah memperkenalkan ‘Aisyiyah, PCIA Hon....

Suara Muhammadiyah

2 September 2024

Berita

JEMBER, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM Balung) gelar giat donor dara....

Suara Muhammadiyah

6 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Indonesia memiliki nama yang harum dalam gelaran olahraga unt....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah