Tumbuhkan Sikap Moderat, IPM Lampung Adakan Dialog Senja Mengaji

Publish

30 August 2024
ipm

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
144
Foto Istimewa

Foto Istimewa

TUBABA, Suara Muhammadiyah - Dalam upaya memperkuat semangat moderasi dan toleransi di kalangan pelajar, Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Provinsi Lampung mengadakan Dialog Senja Mengaji dengan tema “Pentingnya Dialog Antar Agama Untuk Menumbuhkan Sikap Moderat di Kalangan Pelajar”. Kegiatan ini berlangsung di Uluan Nughik, Tulang Bawang Barat, dengan melibatkan pelajar dari berbagai daerah pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Diskusi kali ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pelatihan Kader Madya Taruna Melati III IPM Lampung yang dipandu langsung oleh Noval Sahnitri yang merupakan Fasilitator sekaligus menjabat sebagai Ketua Bidang Kajian Dakwah Islam PW IPM Lampung.

Acara tersebut mengundang langsung Dr. H. Puji Raharjo, S.Ag., S.S., M.Hum selaku Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Nahdlatul Ulama (NU) Provinsi Lampung sebagai narasumber utama. Dalam pemaparannya ia menyoroti pentingnya untuk melihat sisi lain dalam melakukan moderasi beragama.

“Memegang prinsip nilai-nilai agama itu harus akan tetapi disisi lain juga harus memegang prinsip nilai-nilai pembaruan yang berkembang di masyarakat itu juga penting,” ungkap Puji Raharjo.

Kemudian ia juga memberikan contoh tentang penerapan moderasi beragama.

“Contoh penerapan moderasi beragama saya contohkan seperti orang-orang yang mau naik haji, kemudian bertemu dalam satu kamar tidur yang memiliki AC. Diantara mereka ada tidak tahan dinginnya AC dan ada yang suka dengan dinginnya AC. Kalau tidak ditengahi akan bisa menjadi keributan. Maka jalan tengahnya AC-nya dibuat suhu yang tidak terlalu panas dan dingin. Itulah kira-kira gambaran tentang cara moderasi beragama,” imbuh Puji Raharjo.

Irham Munasdar salah satu peserta PKMTM III menanggapi kegiatan ini memberi inspirasi dan pentingnya moderasi dalam beragama.

“Kegiatan Dialog Senja Mengaji ini memberi inspirasi dan mengingatkan kembali kepada kita betapa pentingnya moderasi dalam beragam,” ungkap Irham.

Kegiatan ini juga diramaikan oleh Reporter Cilik dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Nurul Iman Pulung Kencana yang turut hadir serta mewawancarai Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung.

Turut hadir dalam acara ini, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tulang Bawang Barat, Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal PDM Tulang Bawang Barat, Kepala MI Muhammadiyah Nurul Iman Pulung Kencana, serta PR IPM se-Tulang Bawang Barat.

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Sesaat rangkaian pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Majel....

Suara Muhammadiyah

1 June 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Alumni Mu’allimin....

Suara Muhammadiyah

3 February 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi UM Bandung Muchammad Zaldy Ardia....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah –  Rahmansyah Sibarahi SH MH diamanahkan menjadi nakhoda baru P....

Suara Muhammadiyah

29 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kamis, 9 November 2023 – Jumat, 10 November 2023 SMA Muh....

Suara Muhammadiyah

9 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah