Sekolah Muhammadiyah Anti Bullying

Publish

29 August 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
114
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 83 murid kelas IV SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo ikuti program parents day pencegahan bullying di aula sekolah setempat, Jl. Dr. Moewardi No.24, Purwosari, Kec. Laweyan, Solo,  Sabtu (24/8/2024).
 
Kegiatan yang mengusung tema "Bullying is Never Okay" ini merupakan kolaborasi antara sekolah dengan komite kelas IV. Ristanti Adiwardani, selaku ketua komite dan perwakilan wali murid kelas IV menyampaikan sejumlah orang tua merasa khawatir akan kemungkinan terjadinya bullying di sekolah.

"Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada para murid berkaitan dengan tindakan bullying, dampak, serta cara pencegahannya," ungkapnya.

Koordinator kelas IV, Andi Arfianto juga mengungkapkan kegiatan parents day ini bertujuan untuk mengedukasi para murid sebagai bagian dari tindakan preventif terkait bullying.

Kegiatan parenting ini diawali dengan pre test tentang bullying, dilanjutkan dengan pemutaran video materi bullying yang dipandu oleh salah satu anggota komite kelas IV.

Menariknya, di tengah acara ini hadir komunitas pantomim Solo Mime Society, yang menampilkan seni pantomim tentang "Stop Bullying". Para murid antusias dan berusaha menerjemahkan penampilan para pemain pantomim yang mengekspresikan berbagai jenis  tindakan bullying serta dampak yang dapat terjadi.

Kemeriahan acara terus berlangsung hingga kegiatan post test. Tahapan ini dilakukan dengan cara memberikan beberapa pertanyaan terkait materi bullying. Para murid turut berkompetisi dalam menjawab berbagai pertanyaan tersebut. Setiap murid yang berhasil menjawab pertanyaan berhak mendapatkan door prize.

Kegiatan parents day ditutup dengan refleksi. Para murid berikrar untuk tidak melakukan tindakan bullying di lingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat. 

Sebagai bukti wujud ikrar anti bullying para murid dan guru diminta mencelupkan jempol tangan mereka di tinta pewarna, kemudian jempol tangan tersebut dicap pada poster bergambar pohon yang telah disediakan. Hal ini sebagai simbol komitmen untuk saling melindungi dan tidak melakukan bullying.

Salah satu murid kelas IV, Hafa Kalila Prasetya sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini. 
"Kegiatan parents day tentang bullying memberikan banyak pengetahuan. Saya harus selalu berhati-hati agar tidak menjadi pelaku maupun korban bullying," ucapnya di akhir sesi kegiatan. (Nikmah)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah – Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin bekerja sama dengan Masjid ....

Suara Muhammadiyah

26 August 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Berdasarkan data yang diterbitkan oleh IPB, Indonesia menjadi rumah bag....

Suara Muhammadiyah

14 November 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Lukisan kaligrafi Islam karya Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

7 September 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) ajak masyaraka....

Suara Muhammadiyah

9 May 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara  Muhammadiyah - Gedung baru yang dibangun Aisiyah Ranting Berkoh Purwokerto t....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah