SD Muhammadiyah Sapen Kembangkan Relasi Internasional dengan Sekolah di Asia Timur

Publish

17 July 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
232
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebuah terobosan internasional kembali dikembangkan SD Muhammadiyah Sapen. Kali ini, SD Muhammadiyah Sapen membangun relasi internasional dengan berkolaborasi bersama salah satu sekolah ternama di Jepang, yaitu Hanao Elementary School.

Relasi internasional diawali dengan zoom meeting antara kedua sekolah yang dihadiri petinggi-petinggi di antara kwdua sekolah yang dimediasi oleh Prof. Nuchasanah  Satoni Ogata, guru besar dari Kyushu University Jepang dan Dr. Norma Sari, S.H., M.Hum., Wakil Rektor Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Matsuyama Shoji, Kepala Sekolah Hanao Elementary School dalam sambutannya menyampaikan rasa gembira, sekolahnya dapat berkolaborasi dengan SD Muhammadiyah Sapen. “Kolaborasi ini merupakan sebuah awal yang baik untuk memberikan pengalaman belajar kepada peserrta didik. Mereka dapat saling berkomunikasi dan berbagi pengetahuan serta nertukar kebudayaan di antara kedua negara yang berbeda melalui virtual meeting”, ungkapnya.

Shoji menambahkan kerjasama internasional di anrara kedua sekolah dapat dikembangkan melalui pertukaran peserta didik (student exchange) dan guru (teacher exchange) ke depannya. “Melalui MoU antara Hanao dan Sapen, saya berharap dapat dikembangkan  secara offline melalui lawatan di antara kedua sekolah dalam.bentuk pertukaran pelajar dan guru”, tambahnya.

Satoni menyampaikan harapannya melalui sambutan yang disampaikan secara virtual, Ia sangat merasa optimis dan berharap kolaborasi sekolah ini akan memberikan nilai positif bagi kedua sekolah. “Saya merasa sangat optimis, kerjasama dan kolaborasi kedua sekolah akan memberikan nilai positif untuk saling berbagi dalam mengembangkan sekolah ke depannya melalui program berelasi internasional”, imbuhnya.

Sebagai langkah awal kolaborasi kedua sekolah, kedua sekolah berencana untuk mengadakan kegiatan virtual meeting selama enam kali pertemuan dengan topik yang berbeda, dimulai akhir Nopember mendatang. “Kolaborasi kedua sekolah akan diawali dengan virtual meeting untuk beberapa kali pertemuan dengan beragam topik yang akan dimulai bulan Nopember mendatang”, tambahnya.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BATU, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir, MSi menye....

Suara Muhammadiyah

17 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dosen Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UM....

Suara Muhammadiyah

24 May 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Dalam resepsi Milad 111 tahun Muhammadiyah di Soreang, Kabupaten....

Suara Muhammadiyah

26 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah -Mengakhiri kegiatan kunjungan belajarnya, rombongan Majelis Dikdasme....

Suara Muhammadiyah

4 September 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyambut baik kunjungan studi b....

Suara Muhammadiyah

16 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah