Sambangi Kupang, Aksi Tanam Pohon Muhammadiyah dan Kemenko PMK

Publish

7 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
164
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Belajar dari Falsafah Pohon Memberikan Kebaikan pada Alam Semesta

KUPANG, Suara Muhammadiyah - Aksi Tanam Pohon kembali digalakkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Pembangunan (Kemenko PMK) pada Sabtu (7/9/2024. 

Kali ini menggandeng Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Nusantara Tenggara Timur (NTT) dan Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) yang dikenal sebagai Kampus Multikultural karena mayoritas mahasiswanha adalah non Muslim.

Rektor Muhammadiyah Kupang, Zainur Wula menyambut baik kegiatan aksi Tanam Pohon di kampus UMK karena dapat mengajak mahasiswa menjadi agen kosmopolitan dan cinta lingkungan. "Tugas kita tidak hanya mendidik dalam kelas, aksi tanam memberikan edukasi pada mahasiswa agar mereka cinta akan lingkungan," tuturnya.

Adapun Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah NTT, Mukhsin Masri menyampaikan refleksi bahwa aksi tanam ini manusia dapat belajar dari falsafah pohon.

"Pohon di Kota Karang (Kupang) tumbuhnya sangat sulit, maka butuh perjuangan agar pohon yang kita tanam tetap tumbuh dan memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan alam semesta".

Menurutnya pohon ini setelah diterpa segala cuaca setelah tumbuh akan memancarkan kebaikan. "Daunnya memberikan keteduhan dan memberikan oksigen bagi kita," ujarnya. 

Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Izul Muslimin hadir membuka acara rangkaian kegiatan tersebut. "Selain Aksi Tanam Pohon, kita juga akan ada kegiatan lain seperti Makan Sehat dan Pelatihan Positif Bermedia Sosial" Ujarnya di sela-sela sambutan.

Menurut mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah tersebut, Aksi Tanam Pohon adalah awal mula menanam kebaikan bagi alam semesta.

Ia menambahkan rangkaian egiatan ini merupakan program kerja sama yang baik antara Muhammadiyah dengan Kemenko PMK dan membuktikan bahwa Muhammadiyah hadir di Kupang menjadi rahmatan lil alamin.

"Insya Allah Muhammadiyah hadir NTT sangat dirasakan manfaatnya bukan hanya bagi umat Muslim tapi juga sebagai dakwah maslahah bagi kemanusiaan dan keindonesian sebagai wujud gotong royong membangun Indonesia yang lebih baik," tutupnya. (FSA)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Lembaga Pengembangan Pesantren (LPP) Pimpinan Wilayah Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

9 September 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Asrama Unggulan K.H Abu Dardiri Universitas Muhammadiyah Purwo....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tidak dapat dinafikan mencari pekerjaan di era kemajuan teknologi s....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Berita

  BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung sukses mengadakan ....

Suara Muhammadiyah

9 October 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menggelar Seminar da....

Suara Muhammadiyah

17 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah