Penguatan Branding dan Digital Marketing UMKM

Publish

7 April 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
382
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Dosen Manajemen UMY Gelar Pelatihan Bersama PRA Aisyiyah Sidomulyo

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Dosen Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Hasnah Rimiyati.,SE.,M.Si menggelar Pelatihan Penguatan Branding Produk dan Digital Marketing bagi pelaku UMKM dalam rangka pengabdian pada masyarakat pada Kamis (8/2/2024) dan Ahad (25/3/2024). Kegiatan abdimas ini terlaksana bermitra dengan Pimpinan Ranting Aisyiyah Sidomulyo, Godean. 

Program ini bersinergi dengan program Ranting Aisyiyah Sidomulyo dalam rangka pendampingan usaha para pelaku bisnis yang berada dalam binaan Ranting Aisyiyah Sidomulyo agar usaha dapat naik kelas. Kegiatan ini berlangsung di Sekretariat PRA Aisyiyah Sidomulyo, diikuti oleh 18 peserta yang mewakili 8 (delapan) dusun, dimana masing-masing dusun diwakili 2 (dua) peserta. Pelaksanaan pelatihan ini juga berkolaborasi dengan Dr. Lalu Supardin.,SE.,MM selaku pemateri Digital Marketing.

Bentuk kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan cara memberikan Pelatihan serta Pendampingan dalam pemanfaatan media sosial. Materi yang diberikan mengenai “Penguatan Branding Produk” disampaikan oleh Hasnah Rimiyati, menjelaskan bahwa upaya memperkuat branding suatu produk dapat dilakukan melalui beberapa hal yaitu menciptakan pembeda produk dengan pesaing, mendesain logo serta kemasan produk yang menarik, memberikan nilai tambah berupa kualitas produk, serta dapat memanfaatkan media sosial sebagai media untuk mengkomunikasikan produk UMKM ke pasar. Agar SDM terampil dalam menggunakan media sosial diberikan pelatihan pembuatan akun bisnis di media sosial diantaranya instagram, facebook, dan di marketplace shopee. Pendampingan teknis pada peserta dilakukan dan materi disampaikan oleh Dr. Lalu Supardin (ujar Hasnah).

Media sosial dapat digunakan untuk melakukan komunikasi dalam bisnis, membantu pemasaran produk dan jasa, berkomunikasi dengan pelanggan dan pemasok, melengkapi merek, mengurangi biaya dan untuk penjualan online. 

Media sosial juga dapat mempunyai fungsi potensial dalam bisnis yaitu mengidentifikasi pelanggannya, mengadakan komunikasi timbal balik, membagikan informasi untuk dapat mengetahui obyek yang disukai pelanggan, kehadiran pelanggan, hubungan antar pelanggan berdasarkan lokasi dan pola interaksi, reputasi perusahaan di mata pelanggan dan membentuk kelompok antar pelanggan. 

Media sosial memang sangat diminati UMKM untuk mengembangan bisnisnya. Media sosial mempunyai pengaruh yang sangat besar, masyarakat lebih cepat menerima informasi lewat internet. Dengan akses yang mudah dan cepat hal ini dimanfaatkan oleh para pengusaha kecil UMKM untuk lebih berani mempromosikan produk-produknya karena jaringan internet sangat luas dan tidak ada batasan waktu dan wilayah hingga menjadikan media pemasaran yang efektif (ujar Hasnah). Hal ini juga ditegaskan oleh Lalu Supardian, bahwa dengan pemanfaatan media sosial memang dapat memberikan kemudahan dalam proses promosi dan jual beli yang dilakukan oleh para UMKM untuk memasarkan produknya serta dapat meminimalkan biaya. Namun masih banyak pula pelaku UMKM yang kurang mengerti cara pemanfaatan media sosial untuk memasarkan bisnisnya, mereka masih melakukan pemasaran secara tradisional yaitu dengan memasarkan produk langsung kepada konsumen yang hanya mempunyai cakupan wilayah yang masih kecil.

Pelatihan ini peserta juga dibekali wawasan mengenai pentingnya tertib administrasi keuangan dalam mengelola bisnis, diantaranya perlu ada pencatatan dan pelaporan keuangan yang disampaikan oleh Tri Maryati. 

Peserta pelatihan dengan semangat dan antusias mengikuti pelatihan ini hingga selesai, dan menyadari pentingnya penguatan branding produk dan digital marketing juga tertib adminitrasi keuangan dalam mengembangkan bisnis mereka. Salah satu luaran dari program pelatihan penguatan branding produk ini semua produk peserta sudah dilakukan Re-desain kemasan produk (packging) dibuat lebih menarik. Melalui pelatihan ini diharapkan UMKM binaan Aisyiyah Ranting Sidomulyo dapat berkembang. Hartilah.,S.Pd selaku Pimpinan Ranting Aisyiyah Sidomulyo juga ikut menghadiri pelatihan ini, mulai dari awal pembukaan acara hingga pelatihan selesai (ujar Hasnah). 

Terlaksananya kegiatan abdimas ini, tak lupa Tim mengucapkan terimakasih pada Mitra Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Sidomulyo yang telah mendukung pelaksanaan program ini, juga pada pihak LPM UMY yang telah memfasilitasi kegiatan abdimas para dosen UMY. *


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia identik dengan berbaga....

Suara Muhammadiyah

20 August 2024

Berita

Adakan Perlombaan Teselasi, Kirigami, dan Robotika BANGKA, Suara Muhammadiyah - Pada hari Jum&rsquo....

Suara Muhammadiyah

8 November 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Alumni lintas angkatan Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta ....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Gerakan Subuh Mengaji (GSM) edisi ke-229, sudah memasuki tahun ke-4. P....

Suara Muhammadiyah

26 August 2024

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah - Musyawarah Ranting (Musyran) ke 13 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Lubuk P....

Suara Muhammadiyah

25 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah