Pengajian Perdana Alumni KBIHU Asy Syamsu Wonogiri

Publish

19 August 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
158
Foto Istimewa

Foto Istimewa

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Asy Syamsu Muhammadiyah Wonogiri menyelenggarakan Pengajian Perdana alumni KBIHU Asy Syamsu Muhammadiyah Wonogiri. Acara berlangsung Ahad, 18 Agustus 2024 di gedung Sasono Mulyo Wonogiri yang dihadiri oleh Ustadz Dr. H. Andie Kusma Brata, SE., S. Kom., MM., M. Si., M.CR., CI. Dengan tema Mempererat Silaturrahmi Menjaga Kemabruran Haji.

Hadir dalam acara tersebut semua alumni KBIHU Asy Syamsu 1500 jamaah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Aisyiyah, 25 Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Kabupaten Wonogiri. 

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an yang disampaikan oleh Hj. Syarifah, S.Si., S. Pd. I. Dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Sang Surya dirijen Hj. Yulia. 

Dalam sambutannya ketua KBIHU Asy Syamsu Drs H Kusaini menyampaikan. “Bersyukur bahwa haji tahun 1445 H bertepatan 2024 M, betul-betul penuh dengan perjuangan, sehingga kalau tidak dibekali dengan ilmu dan materi, tidak dibekali dengan niat yang ikhlas karena Allah, kemudian mandiri dan berusaha meraih haji mabrur, mungkin kita akan terjebak kepada jidal, rafas, dan fusuk.” Untuk itu agar kita semangat kalau saya ucapkan Haji KBIHU Asy Syamsu panjenengan matur ikhlas, mandiri, mabrur. 

Tahun ini kita dapat kloter 100, yang dikenal dengan kloter sapujagad yang berangkat 9 Mei dan kembali 21 Juli 2024.

H Heru Triatmo, S. Ag. Sebagai ketua rombongan kedua yang menyampaikan selayang pandang. Mengucapkan terima kasih atas bimbingan dari KBIHU Asy Syamsu, sehingga bisa melaksanakan rukun, sunah dan wajib haji, sangat membantu dalam pelaksanaan haji, memberikan bekal yang sangat banyak dalam situasi apa pun kami dapat mengatasi. Asy syamsu sangat luar biasa. “Kami siap untuk bergabung dengan Forum Alumni KBIHU Asy Syamsu”. Terang Heru.

Pengukuhan Pengurus Forum Alumni KBIHU Asy Syamsu Muhammadiyah Wonogiri periode 2024-2028 oleh Drs. H. Kusman Toha, M. Pd. Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Wonogiri yang terdiri dari Penanggung Jawab : Pimpinan Daerah Muhammadiyah Wonogiri Penasehat : 1. Drs. H. Kusaini 2. Dr. H. Joko Supriyanto, M.Pd, 

Ketua : 1. Drs. H. Trimanto Bambang Murtioso, M.Pd 2. H. Ismadi, M.Pd.I 3. H. Anwar Sanusi, S.Pd 

Sekretaris: 1. H. Sukalino 2. Hj. Syarifah, S.Si., S.Pd.I 3. Hj. Sri Aeny, M.Pd.

Bendahara: 1. Hj. Tutik Rinjani, M.Ag 2. Hj. Siti Yuliani, M.Pd 3. Hj. Nur’aini DS, S.Farm., Apt. 

Koordinator Distrik antara lain:

Distrik Wonogiri: 1. Drs. H. Juwani 7. H. Joko Teguh 2. H. Marimo 8. H. Suyadi 3. H. Heru Triyatmo 9. H. Djukaf Richban 4. H. Husein Rangkuti 10. H. Sutarno 5. DR. H. Widhiyanto 11. H. Bambang SW 6. H. Supriyono 12. H. Hartanto, M.Pd. 

Distrik Wuryantoro : 1. Ir. H. M. Shidiq Purwanto 6. H. Syamsu Hidayat 2. H. Muh. Bardus 7. H. Susanto 3. H. Sumardi, M.Pd 4. H. Joko Lelono 5. H. Slamet Widodo c. 

Distrik Jatisrono: 1. H. Diyat Handy, M.Pd 2. dr. H. Hermanto 3. H. Gathot Budiarto 4. H. Sarwono Susilo 5. H. Warjo, M.Pd d. 

Distrik Baturetno: 1. H. MF. Fatah, M.Pd 6. H. Jarkasi 2. H. Ma’sum 7. H. Slameto 3. H. Wiyono, M.Pd 8. Dr. H. Sustyadi 4. H. Anom Miliho, M.Pd 5. H. Basuki, M.Pd e. 

Distrik Purwantoro: 1. H. Darno 2. H. Sutrisno, M.Pd 3. H. Kardi 4. H. Kasni 5. Drs. H. Hasim Koiman, M.Pd.

Dalam Sambutannya ketua PDM Kabupaten Wonogiri Drs. H. KusmanToha, M. Pd. Menyampaikan selamat datang jamaah haji, apa yang sudah dilakukan, haji mabrur. 

Sudah dua tahun ini Muhammadiyah menjadi pembimbing ibadah haji, maka mengapa Muhammadiyah membentuk KBIHU di masing-masing kabupaten kota termasuk Wonogiri. Terima kasih telah mengikuti bimbingan ibadah haji. Alhamdulillah 50 % peserta jamaah ibadah haji Kabupaten Wonogiri ikut di KBIHU Asy Syamsu menjadi pilihan, ikut manasik haji di LBIHU Asy Syamu sangat penting. KBIHU didirikan karena orang yang menunaikan ibadah haji, telah lama menanti dan telah menyiapkan. Maka alangkah sayangnya apabila tidak memiliki ilmu tentang pelaksanaan ibadah haji. Maka agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan mabrur.

Setelah didirikan KBIHU dan mampu mengantarkan jamaah ibadah haji menjadi mabrur, maka tugas itu belum selesai, maka dibentuk forum alumni KBIHU Asy Syamsu dalam rangka untuk saling mengingatkan, saling memberikan support dan semangat, bagaimana mempertahankan kemabruran setelah melaksanakan ibadah haji, ini penting dan kami ucapkan pengurus forum alumni, selamat kami kukuhkan sebagai Pengurus Forum Alumni KBIHU Asy Syamsu. Untuk itu silakan dengan berbagai kegiatan yang dapat mempertahankan kemabruran. Sebagaimana firman Allah Swt dalam Surat Fatir 29,

اِنَّ الَّذِيْنَ يَتْلُوْنَ كِتٰبَ اللّٰهِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْفَقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً يَّرْجُوْنَ تِجَارَةً لَّنْ تَبُوْرَۙ

"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al-Qur'an) dan melaksanakan salat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi," (QS. Fatir 35: Ayat 29).

Maka kita senantiasa baca Al Qur’an, salat senantiasa ditingkat, membiasakan diri suka berinfaq dan shadaqah. Saat ini saudara kita membutuhkan air, maka kita meringankan beban saudara kita yang saat ini kekeringan Wonogiri bagian Selatan dengan bantuan air bersih. Alhamdulillah sudah terkumpul sementara dari Aisyiyah 53 Tangki @ Rp 150.000,- dan H Jauhari 25 Tangki, 10 Tangki dari H Kusman infaq terkumpul Rp 13 juta.

Saat ini mengapa kita menyelenggarakan acara tidak di Balai Muhammadiyah, karena Balai Muhammadiyah sudah tidak cukup untuk menampung jamaah 1000. KBIHU Asy Syamsu dan alumni bisa berpartisipasi mewujudkan mempunyai gedung, PDM mempunyai wakaf seluas 11.000 meter persegi sekaligus ada pemakaman di Kedung Baki Wuryantoro. 

Sementara Ustadz Dr. H. Andie Kusuma Brata menyampaikan ciri kemabruran haji antara lain; menjaga salat, menjaga lisan, menjawab salam, menjadi pemaaf, suka membagi makanan, termasuk memberi bantuan kepada yang membutuhkan, berbakti kepada kedua orang tua. Andie mengajak jamaah untuk menjaga kemabruran, menjadi mujahid yang bermanfaat bagi yang lain. (Muhammad Julijanto)

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

  JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jak....

Suara Muhammadiyah

31 January 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Sebagai pusat pengetahuan dan teknologi yang berkembang, Universitas Mu....

Suara Muhammadiyah

30 April 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2024, Pimpinan Ranting &ls....

Suara Muhammadiyah

24 July 2024

Berita

BOGOR, Suara Muhammadiyah – Orang Muhammadiyah memiliki jiwa dan kecakapan berorganisasi maupu....

Suara Muhammadiyah

14 September 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Satu lagi karya mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muh....

Suara Muhammadiyah

8 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah