UMPWR Asah Keterampilan Lewat Communication Skill Training 2024

Publish

5 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
69
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah- Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) melalui Unit Layanan Difabel dan Konseling Mahasiswa (ULDKM) mengadakan Communication Skill Training 2024. Kegiatan ini berlangsung selama Selasa dan Rabu, 3-4 September 2024. Acara ini dibuka oleh Ketua Panitia Dr Eko Harianto, MSI yang mewakili Wakil Rektor 3 bidang Kemahasiswaan dan Alumni yaitu Dr. Budi Setiawan, SSos., MSi.

Dalam sambutannya Ia menyampaikan kegiatan ini tidak tercantum dalam mata muliah. Sehingga diharapkan kegiatan ini menjadi kegiatan untuk mengukur kemampuan atau potensi mahasiswa.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang tidak ada dalam mata kuliah. Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan teman-teman mahasiswa akan memiliki potensi dan bakat yang selama ini masih tersimpan. Jadikan ini momen untuk memperbanyak ilmu dan keterampilan. Kita bisa belajar dengan siapa dan darimana saja. Mudah-mudahan acara ini membawa kebermanfaatan,” ucapnya.

Hari pertama kegiatan ini terdapat dua pemateri, yaitu Meriam Esterina, SPsi., MPsi dan Galih Gerranda Vibra Ramadhani. Meriam Esterina, S. Psi., M. Psi. yang akrab disapa Miss Merry, seorang dosen Program Studi Psikologi di Universitas Muhammadiyah Purworejo sekaligus praktisi yang dikenal dengan pendekatan interaktifnya. 

Sedangkan Galih Gerranda Vibra Ramadhani. Meriam Esterina, SPsi., MPsi. membagikan pemahaman mendalam tentang teknik presentasi yang efektif, menekankan pentingnya disiplin dan konsistensi dalam latihan.

“Kuncinya ada di disiplin dan konsistensi. Sebagus apapun materi atau pelatihan yang diterima, jika tidak pernah dilatih dan tidak dilakukan dengan konsisten, saya jamin tidak akan ada perubahan signifikan,” ujar Mas Galih dalam sesi penutupnya. Pesan ini memberikan motivasi tambahan bagi para peserta untuk terus melatih kemampuan komunikasi mereka setelah pelatihan selesai," ujarnya.

Sedangkan kegiatan hari kedua para peserta akan fokus pada praktek secara langsung dengan bimbingan fasilitator. Para peserta akan mendapatkan kesempatan untuk mempraktekkan keterampilan komunikasi yang telah dipelajari pada hari pertama. Latihan ini dirancang agar setiap peserta mampu meningkatkan rasa percaya diri dalam berbicara di depan umum serta mengasah kemampuan mereka dalam menyampaikan pesan dengan jelas dan meyakinkan. (Muf/Alle)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Bincang Sumpah Pemuda IPM Jateng  SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Ikatan Pelajar Muhammadiyah J....

Suara Muhammadiyah

29 October 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jakarta Timur menyelenggarakan Hari BerMu....

Suara Muhammadiyah

12 May 2024

Berita

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah - Untuk menyemarakkan Milad ke-111 Muhammadiyah tahun 2023, Masjid M....

Suara Muhammadiyah

8 January 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Gerakan Subuh Mengaji Aisyiyah Jawa barat dilaksanakan pada Rabu, 28 A....

Suara Muhammadiyah

28 August 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Penyiapan Sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan sesuai standar ....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah