UM Kudus Adakan Baitul Arqam Dosen dan Tenaga Kependidikan

Publish

17 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
157
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KUDUS, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) bekerja sama dengan Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengadakan Baitul Arqam Dosen dan Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Kudus secara luring pada tanggal 14 – 16 Agustus 2024 di Graha Muria, Colo, Kecamatan Dawe, Kudus yang diikuti oleh 48 dosen dan 44 tenaga Kependidikan, dengan 2 (dua) kelas. 

 Dr. H. Edy Soesanto, S.Kp., M.Kes., Rektor UMKU dalam sambutannya menyampaikan Proses kaderisasi yang dilakukan di UMKU untuk dosen dan Tendik melalui Baitul Arqam merupakan suatu konsep pendekatan pembelajaran agama yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor, sehingga dapat menghasilkan dosen dan tenaga kependidikan yang mampu mengembangkan pengetahuan, sikap serta akhlaq sesuai Al-Qur’an & As-Sunnah.

Menurut Edy Soesanto, dalam pelaksanaannya Baitul Arqm harus Built in dan dirancang secara by-design dan holistik dalam proses menjalankan pendidikan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Edy Soesanto menyebut, perkaderan menjadi bagian dari budaya organisasi dan menjadi bagian dari komitmen pimpinan, dosen/tenaga kependidikan untuk diterapkannya kebijakan yang sistemik tentang perkaderan di PTMA. 

“Semoga melalui acara ini mampu menambah pemahaman dan ideologi Muhammadiyah bagi seluruh dosen dan tenaga kependidikan sehingga menyulut rasa khidmad dalam berproses di UMKU,” Edy Soesanto menegaskan kembali. 

Sementara itu, H. Supardi, S.E, M. Kes., Kepala Biro Pengkajian Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Pengembangan Persyarikatan (BPAIK PP) Universitas Muhammadiyah Kudus menjelaskan tentang urgensi dari pelaksanaan Baitul Arqam (BA) ini adalah implementasi dari posisi PTMA sebagai sarana perkaderan untuk mengukuhkan ideologi dan komitmen berkhidmat di AUM dan persyarikatan.

“Pada Baitul Arqom kali ini kami mengambil tema Mewujudkan UMKU yang religius, intelektual, dan humanis,” ujar Supardi. 

Khafid Sirotudin, S. E., M.Si sebagai Master of Training (MOT) dalam kegiatan ini berpesan setelah mendapatkan ilmu maka ditindaklanjuti dengan Rencana Tindak Lanjut (RTL) di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah dari tingkat ranting, Cabang, Daerah, Wilayah, Pusat dan Universitas Muhammadiyah Kudus sesuai dengan kompetensi, kerja dan wilayah persyarikatan Muhammadiyah dari masing-masing peserta.

Materi yang diterima oleh peserta Baitul Arqom Dosen dan Tenaga Kependidikan diantaranya adalah Hakikat Islam: Peran Tauhid Dalam Kehidupan, Tuntunan Ibadah sesuai tarjih, Manhaj Tarjih Muhammadiyah, Tuntunan Ibadah sesuai Himpunan Tarjih Muhammadiyah (HPT), Tuntunan Ibadah Mahdhah dan Nafilah, Refleksi dan Fathul Qulub, Pedoman Hidup Islam Warga Muhammadiyah dalam Mengelola PTMA, out bound dan materi lainnya. 

Berikut nama-nama yang menjadi Pembicara Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Sc., Ph.D (Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah), Dr. K.H. Tafsir, M. Ag. (Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah), Dr. K.H. Rozihan, S.H., M. Ag. (Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah), H. Noor Muslikan, S. Sos. (Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kudus), dan Ladun Hakim, S. Sy., S.Pd. (Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Kab. Kudus).

Sedangkan yang bertugas menjadi instruktur Baitul Arqom yang digelar BPAIK PP UMKU Khafid Sirotudin, S. E., M.Si (Master of Training), Supardi, S.E., M. Kes (Imam of Training), Dzar Al Banna, S. S., .M.A. (Sekretaris), Erni Zuhriyati, S.S., S.IP., M.Si. (Instruktur), M. Abdur Rozaq, M.Pd. (Instruktur), dan Toni Ardi Rafsanjani, M.Pd.I. (Instruktur). (Supardi)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

METRO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Metro meng....

Suara Muhammadiyah

6 October 2023

Berita

SAMARINDA, Suara Muhammadiyah - Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah serta banyak d....

Suara Muhammadiyah

1 April 2024

Berita

SMP UMP Bersinar di Olimpiade Sains Muhammadiyah (OSM) 2024 PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - SMP UM....

Suara Muhammadiyah

6 September 2024

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Fakultas Vokasi Universitas Muhamdiyah Aceh (FV Unmuha) melaksanaka....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Makassar selama dua hari meng....

Suara Muhammadiyah

28 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah