Uhamka Berdayakan Cabang dan Ranting Muhammadiyah

Publish

30 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
127
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BOGOR, Suara Muhammadiyah - Pemberdayaan cabang dan ranting merupakan keniscayaan untuk menguatkan struktur akar rumput Muhammadiyah, yaitu cabang dan ranting. Cabang dan ranting merupakan garda terdepan Muhammadiyah dan bersinggungan langsung dengan umat dan masyarakat. 

Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) UHAMKA melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Bojonggede. Pemberdayaan cabang dan ranting dapat dilakukan dengan beberapa kegiatan, seperti mengaktifkan ranting yang mati atau stagnan,  pelatihan pembinaan dan pemberdayaan, pemberdayaan ekonomi, pemberdayaan organisasi, pemberdayaan sumber daya manusia dan pemberdayaan kegiatan.
 
Kegiatan KKN Tematik di PCM Bojonggede dilaksanakan sejak tanggal  28 Juli  2024 dan berkahir tangga 29 Agustus 2024. Penarikan mahasiswa KKN dilakukan pada Kamis, 29/8/2024 berlokasi di SD Muhammadiyah Bojonggede. Kegiatan penarikan dihadiri Ust Masroni dan Ust Khadirin selaku Pimpinan PCM Bojonggede, Fitri Analis, Koordinator KKN tematik, Nurul Nuzlia Kepala SD Muhammadiyah Bojonggede dan Hifdotul Layali, kepala SMP Muhammadiyah Pabuaran. 

Puluhan mahasiswa UHAMKA telah menyelesaikan tugas ber-KKN di Bojonggede selama 30 hari. Berbagai program kerja baik kelompok maupun individu terlaksana dengan baik. Hasil program kerja yang dihasilkan diantaranya berbentuk pelatihan pembuatan batik jumputan, pelatihan pembuatan lilin aromaterapi, pembuatan pupuk kompos, dan pelatihan ecoprint. Sasaran program kerja yang telah dilaksanakan meliputi siswa SD Muhammadiyah Bojonggede, SMP Muhammadiyah Pabuaran, SMA Muhammadiyah Bojonggede, dan kader Aisyiyah di lingkungan PCM Bojonggede.

Masroni, Wakil ketua PCM Bojonggede menyampaikan bahwa 100 persen tugas  dan target program kerja KKN telah dilaksanakan dengan baik. Semoga bisa dilanjutkan dan diteruskan untuk tahap-tahap selanjutnya. Sedangkan Khadirin berharap, jejak awal kegiatan KKN Tematik Cabang dan ranting Muhammadiyah dapat menjadi dokumen awal terbaik yang dimiliki PCM Bojonggede.

”Semoga dokumen profil video PCM dapat mempromosikan sikap dan kiprah Muhammadiyah kepada masyarakat luas yang belum mengenal Muhammadiyah” ujar Khadirin. 

PCM Bojonggede berharap dapat ada kolaborasi lanjutan antara PCM Bojonggede dengan LPPM UHAMKA melalui kegiatan KKN seperti KKN Tematik Cabang dan Ranting Muhammadiyah. Ketua LPPM UHAMKA,  Gufron Amirullah, menyampaikan terimakasih atas kerjasama dan bantuan PCM Bojonggede selama KKN berlangsung. "LPPM UHAMKA siap mengirimkan kembali mahasiswa KKN ke PCM Bojonggede sesuai dengan kebutuhan di Tahun 2025 mendatang," ujar Gufron. 

Fitri Analis Koordinator Induk Semang merasa beruntung menemui peserta KKN Tematik Cabang dan Ranting Muhammadiyah. ”Mahasiswa Uhamka sangat santun, patuh dan melaksanakan program dengan sungguh-sungguh” ujar nya dengan mata berkaca-kaca. 

Nurul Nuzlia, kepala SD Muhamamdiyah Bojonggede merasa berat melepas para mahasiswa. ”Melepas mahasiswa hebat, berpotensi dan kreatif  sangatlah berat. Semoga kita dapat bertemu lagi dalam suasana bahagia yang berbeda,” ujarnya.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPurworejo) mengggelar Tur....

Suara Muhammadiyah

8 October 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung menggelar wisuda kelima pr....

Suara Muhammadiyah

16 December 2023

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (Purn) Drs Nana Sudjan....

Suara Muhammadiyah

3 June 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Pimpinan Komisariat (PK) Seko....

Suara Muhammadiyah

31 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Muhammadiyah Yogyakar....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah