Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Akhlak Mulia di Era Digital

Publish

22 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
206
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Ketua PP Muhammadiyah Berikan Arahan dalam DIKSUSPALA Region Sumatera 3

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. Anwar Abbas, MM, MAg, menyampaikan sejumlah arahan penting dalam acara DIKSUSPALA Region Sumatera 3 yang diadakan oleh Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal (Dikdasmen PNF) PP Muhammadiyah. Acara yang berlangsung di Riau pada tanggal 22-25 Agustus 2024 ini dihadiri oleh peserta dari Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau.

Dalam sambutannya, Dr. Anwar Abbas menekankan pentingnya meneladani Nabi Muhammad SAW sebagai uswah hasanah atau teladan yang baik. Anwar Abbas mengingatkan bahwa setiap individu, khususnya para pemimpin, harus memiliki keimanan, ketakwaan, dan akhlak yang mulia. "Kita harus menjadikan diri kita orang yang beriman dan bertaqwa serta memiliki sifat-sifat terpuji (al akhlaqul karimah)," ujar Dr. Anwar Abbas.

Lebih lanjut, Anwar Abbas menekankan pentingnya seorang pemimpin, terutama kepala sekolah, untuk memiliki visi yang jelas ke masa depan. "Seperti yang dikatakan oleh orang-orang arif, ikan itu busuk dari kepalanya. Oleh karena itu, jangan sampai terjadi seperti yang dikatakan oleh orang-orang tua kita, tongkat yang membawa rebah," tambahnya. Ia juga mengutip perkataan Ali bin Abi Thalib yang menyatakan bahwa anak-anak harus diajari untuk zaman yang bukan zamannya, mengingat masa depan akan didominasi oleh era digital dan kecerdasan buatan.

Dr. Anwar Abbas menekankan bahwa tugas berat seorang kepala sekolah adalah mempersiapkan generasi masa depan dengan mentality yang mendukung perubahan, baik dari perspektif duniawi maupun ukhrawi. "Salah satu mentality yang harus menjadi perhatian kita adalah bagaimana kita bisa menghijrahkan mentality anak-anak didik kita dari employee mentality kepada entrepreneur dan atau minimal intrapreneur mentality yang selalu disinari dan dicerahkan oleh nilai-nilai dari ajaran agama Islam," ungkapnya.

Anwar Abbas juga menyampaikan bahwa kepala sekolah yang diharapkan adalah kepala sekolah yang efektif, memiliki ciri-ciri seperti beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, memahami Islam dan Kemuhammadiyahan, memiliki visi yang jelas dan terukur tentang masa depan pendidikan, serta mampu memastikan proses pembelajaran berjalan efektif dan efisien.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Didik Suhardi, PhD, R Alpha Amirrachman, PhD Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah, Ketua Tim Diksuspala dan Penjamin Mutu Nasional Pahri, MM, dan Ketua Majelis Dikdasmen PNF PWM Riau  Dr. Harmaini. (Rpd)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PAMEKASAN, Suara Muhammadiyah - Semangat baru, harapan baru. Mungkin itu berhak untuk disematka....

Suara Muhammadiyah

18 June 2024

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Di hari kedua Workshop Ekonomi Cabang Ranting serta Masjid (CRM) yang di....

Suara Muhammadiyah

10 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bertempat di The Cube Hotel, Kota Yogyakarta, Lazismu Mantrijeron g....

Suara Muhammadiyah

1 February 2024

Berita

GIRISUBO, Suara Muhammadiyah - Sabtu 28 Oktober 2023 bertempat di komplek SD Muhammadiyah unggulan A....

Suara Muhammadiyah

29 October 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Fakultas Ilmu Kesehatan Muhammad....

Suara Muhammadiyah

10 August 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah