STIE Muhammadiyah Cilacap Sepakati MoA dengan UM Metro Lampung

Publish

24 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
204
Foto Istimewa

Foto Istimewa

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Sekolah Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Cilacap mengadakan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro) Lampung. Sekaligus kegiatan silaturahmi UM Metro Lampung ke STIEM Cilacap pada Selasa (23/07/2024) dengan rombongan 75 mahasiswa dan 8 dosen.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi UM Metro Lampung Suwarto mengatakan mahasiswa jurusan Akuntansi Strata Satu (S1) dan Diploma Tiga (D3), UM Metro Lampung sejumlah 75 Mahasiswa 8 Dosen. Mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dengan tour beberapa institusi, berangkat dari Kampus sejak Ahad sampai Sabtu (21-23/07/2024). 

Salah satunya kunjungan kerjasama dan silaturahmi di kampus STIE Muhammadiyah Cilacap dirangkai dengan Kuliah Umum. Dengan tema "Peluang dan tantangan akuntan di era artificial intelligence (AI)" di aula Kampus STIEM Cilacap.

"Alhamdulillah, silaturahmi ke STIEM Cilacap, kami dari UM Metro Lampung, Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Akuntansi S1 serta D3 juga dosennya," ujarnya.

Menurut Suwarto, KKL dengan tujuan silaturahmi dan kerjasama. Bentuk  kerjasamanya antara lain: Dekan dengan Ketua, Kaprodi dengan Kaprodi serta pertukaran jurnal dan artikel baik dari dosen maupun mahasiswa.

"Kita akan terus berkomunikasi, Insya Allah dari STIE Muhammadiyah Cilacap akan bersilaturahmi ke UM Metro Lampung," ungkapnya.

Pemateri Kuliah Umum Wakil Rektor 2 UM Metro Lampung, Suyanto menjelaskan profesi Akuntan untuk membangun profesionalisme. Maka, sebuah organisasi perlu Akuntan, misal dalam Amal Usaha Muhammadiyah (AUM). Profesi Akuntan tentang transaksi sampai pelaporannya, maka ada kesempatan menjadi profesi Akuntan.

"Konsep dasar pelaporan keuangan Akuntan, sedangkan AI membantu tugas  dalam input data jurnal. Jangan melupakan proses Akuntansi, AI berfungsi meringankan, efektif dan efisien dalam pekerjaan," tegasnya.

Senada dikatakan, pemateri  Amilin dari Komisioner Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Republik Indonesia (RI) secara online memaparkan bekal Akuntan dengan implementasi bagi mahasiswa akuntansi untuk meningkatkan profesional value, update pengetahuan teknologi bisnis kembangkan network. Kemudian jejaring Muhammadiyah diperkuat dengan pertukaran mahasiswa atau dosen juga kerjasama bilateral internasional.

"Akreditasi perguruan tinggi terdongkrak, maka dosen jangan ketinggian digital oleh mahasiswa," jelasnya.

Ditegaskan Amilin, di era digital AI, maka uji sertifikasi kompetensi untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) kompetensi. Seorang Akuntan harus memiliki: knowledge, attitude dan skill.

"Kompetensi SDM yang kompeten, menuju Indonesia emas 2045," harapnya.

Ketua STIE Muhammadiyah Cilacap Tri Nur Indah Yanti Yulian mengatakan kegiatan penandatanganan MoA antara STIEM Cilacap dan UM Metro Lampung serta Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara prodi-prodi. Dan benchmarking dengan mencontoh yang baik yang dilakukan di UM Metro Lampung. 

"Bisa kita terapkan di STIEM Cilacap," ucapnya.

Contoh nya, UM Metro Lampung sudah mempunyai Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

 "STIE Muhammadiyah Cilacap mencontoh bagaimana cara mendirikan LSP," jelasnya.

Mengenai Kuliah Umum tentang Akuntan di era AI, maka kebutuhan sertifikasi profesi Akuntan diperlukan.

"Komisioner BNSP RI, memotivasi mahasiswa, untuk mempunyai kompetensi saat lulus. Sebagai bekal nantinya di dunia kerja," pungkasnya. (Wasis)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Menjadi pondasi penting yang mendasari kehidupan, tauhid dian....

Suara Muhammadiyah

26 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Dalam kegiatan Unpad Bersyukur di Grha Sanusi Hardjadinata Kampu....

Suara Muhammadiyah

13 September 2023

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Momen hari raya Idul Adha 1445 H., Universitas Muhammadiyah Riau (Um....

Suara Muhammadiyah

20 June 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Irwan Akib, MPd hadir memb....

Suara Muhammadiyah

7 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Abdul Razaq Fakhruddi....

Suara Muhammadiyah

12 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah