Ribuan Haji Cilik Penuhi Kota Depok

Publish

9 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
116
Dok. Istimewa

Dok. Istimewa

DEPOK, Suara Muhammadiyah - Ribuan haji cilik dari taman kanak-kanak di Kota Depok melaksanakan peragaan manasik haji. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenalkan anak tentang Rukun Islam kelima, agar cinta RabNya dan bercita-cita mengunjungi Baitullah. 

Sabtu, (7/9) seribu lebih murid taman kanak-kanak (TK) di Kota Depok berseragam putih-putih memenuhi Lapangan Hizbul Wathan (HW) Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat. 

Ada yang mengenakan syal warna oranye, biru, kuning, dan hijau khas jamaah haji. Mereka melaksanakan peragaan manasik haji yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Kota Depok.

Ketua Pelaksana, Uliah Fitriyah, SPd dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan manasik haji ini menjadi sebuah ajang pembelajaran konkret bagi anak.

“Karena anak mempraktikkan secara langsung tata cara dan urutan pelaksanaan ibadah haji, dengan begitu anak akan lebih mudah memahami dan mengingat,” ungkapnya. 

Ketua IGABA Kota Depok, Hj Rumyati menuturkan kegiatan manasik haji ini adalah kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh IGABA Kota Depok.

“Di mana pesertanya tidak hanya dari internal siswa-siswi TK ABA, tetapi ada juga dari luar TK ABA seperti TK Amanah, TK Al Akhyar, Daarut Taqwa dan lain-lain,” paparnya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bunda PAUD Kota Depok, Etty Maryati. Dia menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinggi atas terselenggaranya kegiatan manasik haji ini. 

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan manasik haji ini. Ini adalah salah satu kegiatan untuk mengenalkan kepada anak tentang rukun Islam yang kelima, menanamkan agar anak cinta kepada rabNya, dan punya minat untuk mengunjungi Baitullah,” ucapnya. 

“Mudah-mudahan suatu saat nanti, para orang tua murid dan anak-anak, dapat berkunjung ke mekah melaksanakan ibadah haji yang sesungguhnya,” ujar Etty mendoakan. 

Peserta yang mengikuti kegiatan manasik haji ini sejumlah 1108. Sebanyak 662 adalah siswa-siswi TK Aisyiyah atau Aisyiyah Bustanul Athfal, sementara 446 merupakan siswa-siswi di luar TK 'Aisyiyah. 

Para peserta tampak begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Terlihat dari semangatnya mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Hal ini juga disampaikan salah satu siswa dari TK Aisyiyah 29 Depok, Faazdad Athief Er-Razes. 

“Seru banget tadi ikut manasik, banyak temannya. Tapi aku gak dikasih duit,” ungkapnya dengan keluguan. 

Di akhir acara, hadir Kepala Seksi Paud Kota Depok, Deasy Martini, SKM di hadapan para panitia pelaksana, ia menyampaikan permintaan maaf sebesar-besarnya tidak dapat hadir tepat waktu, dikarenakan padatnya kegiatan. 

Dia pun memberikan ucapan selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan manasik haji ini. (Fab)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Jelang Olympicad VII yang akan berlangsung di Kota Bandung, kont....

Suara Muhammadiyah

2 March 2024

Berita

PONTIANAK, Suara Muhammadiyah - Nasyiatul Aisyiyah diharapkan menjadi organisasi yang kokoh dan mamp....

Suara Muhammadiyah

11 January 2024

Berita

BANYUWANGI, Suara Muhammadiyah – Sebagai bentuk kaderisasi dan pembelajaran bagi para santri, ....

Suara Muhammadiyah

12 March 2024

Berita

CEPU, Suara Muhammadiyah – Masjid Al-Hikmah Muhammadiyah Cepu kembali menggelar Kajian Umum Ah....

Suara Muhammadiyah

19 September 2024

Berita

MALAYSIA, Suara Muhammadiyah - Dua dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu....

Suara Muhammadiyah

23 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah