Rakornas LP2M, Membangun Kemandirian Pesantren Muhammadiyah

Publish

28 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
124
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi tuan rumah dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-7 Pesantren Muhammadiyah yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pesantren Pimpinan Pusat Muhammadiyah (LP2 PPM). 

Kegiatan ini mengusung tema “Membangun Kemandirian Pesantren Muhammadiyah melalui Pendayagunaan Wakaf dan Pengembangan Ekonomi” yang akan dilaksanakan selama tiga hari pada 27-29 Agustus 2024 di Ruang Meeting Lt.2 Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS.

Saat membuka acara pada Selasa, (27/8), Wakil Rektor IV UMS, Dr. dr. Em Sutrisna, M.Kes., menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta Rakornas dan harapannya terhadap acara tersebut. 

“Saya berharap semoga Rakornas Pesantren selama tiga hari di Edutorium UMS ini dapat berjalan dengan lancar dan mampu mengeluarkan hasil yang memberikan manfaat kepada kita semua,” tutur Em.

Ia juga menjelaskan bahwa selama acara Rakornas Pesantren ini, para peserta akan menginap di Pesantren Mahasiswa (Presma) UMS.

Ketua LP2 PPM, Dr. H. Maskuri, M.Ed., menjelaskan bahwa Rakornas Pesantren tahun 2024 dihadiri oleh sekitar 250 undangan. 

“Rakornas di UMS tahun ini adalah Rakornas dengan jumlah peserta terbanyak. Alasan Rakornas dilaksanakan di UMS adalah hasil evaluasi dari tahun sebelumnya yang pesertanya sangat terbatas karena keterbatasan asrama,” terangnya.

Ketua Bidang Pengembangan Cabang Ranting dan Pembinaan Masjid PP Muhammadiyah, Drs. HA Dahlan Rais, M.Hum., menyampaikan bahwa tema yang diangkat pada Rakornas ini sangat tepat.

“Banyak tanah wakaf yang dipercayakan kepada Muhammadiyah yang terlantar dan tidak dipergunakan secara maksimal sehingga ada beberapa yang diminta kembali oleh pemilik sebelumnya. Dengan adanya Rakornas ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut,” ungkap Ketua Bidang itu.

Acara pembukaan Rakornas Pesantren ini diakhiri dengan penyerahan penghargaan oleh oleh Ketua PP Muhammadiyah kepada Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Wilayah Sulawesi Selatan, Prof. Ambo Asse, sebagai pelopor penyelenggara Pendidikan Ustadz Pesantren Muhammadiyah di Indonesia pada tahun 2022. (Dewi/Humas)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKKAH, Suara Muhammadiyah - Tiga santri Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah – Pada 31 Juli 2024, Tapak Suci Putera Muhammadiyah memasuki....

Suara Muhammadiyah

3 August 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ada banyak cara menyambut Hari Guru Nasional yang diperingati s....

Suara Muhammadiyah

25 November 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Setelah pengukuhan anggota tiga majelis Pimpinan Cabang Muhammad....

Suara Muhammadiyah

13 October 2023

Berita

Refleksikan Pendidikan Berkemajuan, Uhamka Peringati Hut RI Ke-79 JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Uni....

Suara Muhammadiyah

17 August 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah