BANTUL, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Tirtonirmolo Barat Kasihan Bantul menggelar Pelatihan Pengembangan Bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dengan tema “Digital & Social Media Marketing untuk UMKM Kompetitif” pada Sabtu (4/10) di Musholla Babul Jannah Kampung Kersan.
Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan atas kerja sama PRM Tirtonirmolo Barat melalui Bidang Ekonomi Kreatif PRM dengan Forum Komunikasi Mahasiswa Magister Sains Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM), bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan praktis kepada para pelaku UMKM agar mampu bersaing di era digital dan memaksimalkan potensi pemasaran produk.
Sobi perwakilan dari Forum Komunikasi Mahasiswa Magister Sains FEB UGM menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen mahasiswa UGM dalam pemberdayaan ekonomi umat. “Kami ingin UMKM binaan bisa naik kelas, punya daya saing, dan tentu saja mendapatkan penghasilan yang lebih baik, dan pelatihan ini akan dilanjutkan dengan pendampingan kepada peserta pelatihan UMKM yang bekerja sama dengan Bidang Kajian Pemasaran Laboratorium Manajemen FEB UGM,” ungkapnya.
Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Tirtonirmolo Barat, Sofriyanto menyampaikan, “Pelatihan ini menghadirkan suasana berbeda, bukan sekadar teori namun para peserta diajak mencari solusi bagaimana agar sebuah usaha/bisnis bisa lebih berkembang, dikenal, dan menguntungkan,” tuturnya.
“Sekarang zaman sudah berubah, orang sekarang kalau belanja lebih sering dengan cara buka HP daripada pergi ke toko, bukan zamannya hanya menunggu pembeli datang ke toko. Kalau usaha/bisnis tidak hadir di dunia digital maka akan tertinggal,” ujarnya.
Sofriyanto juga menyampaikan alasan lain pentingnya pelatihan ini yaitu, “Di era sekarang, promosi itu penting, banyak produk gagal bukan karena kualitasnya jelek namun karena orang tidak tahu. Maka melalui pelatihan ini kita belajar bagaimana membuat usaha kita lebih dikenal dan dipercaya," ucapnya.
“PRM Tirtonirmolo Barat mengharapkan melalui pelatihan ini bisa menjadi langkah kecil tapi bermakna untuk menjadikan usaha/bisnis Bapak/Ibu peserta lebih siap menghadapi tantangan zaman sekaligus menjadi wujud nyata dakwah Muhammadiyah di bidang pemberdayaan ekonomi warganya,” tambahnya.
Ia juga menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk menjadikan kegiatan ini tetap berkelanjutan, “PRM Tirtonirmolo Barat menegaskan bahwa kegiatan serupa Insya Allah akan terus digalakkan sebagai bentuk nyata komitmen dakwah dalam bidang pemberdayaan ekonomi umat,” pungkasnya.
Dalam pelatihan tersebut, peserta mendapatkan dua materi utama. Pertama, Pengenalan Dasar-dasar Marketing Digital, yang membahas strategi pemasaran modern serta cara memanfaatkan media digital sebagai sarana promosi efektif. Kedua, Praktik Menggunakan Google Business Profile dan WhatsApp Business dan bagaimana optimasi promosi melalui kedua media tersebut serta memberikan “tips dan trik” keterampilan bagaimana mengelola iklan, meningkatkan jangkauan promosi, serta menambah keuntungan usaha.
Materi pertama disampaikan oleh Monica Rosiana, SE, MSi, pakar di bidang pemasaran, periklanan, dan digitalisasi bisnis, yang membahas tentang strategi marketing digital. Ia menekankan pentingnya memahami fitur aplikasi agar penggunaan media digital lebih efektif dalam menjangkau konsumen di dunia maya.
Semantara itu, materi kedua disampaikan oleh Nurul Hestiningtyas, SE, MSc, praktisi pemasaran yang sudah berpengalaman mendampingi banyak UMKM go digital, trainer UMKM, dan analisis strategi media sosial. Materi yang disampaikan lebih aplikatif, simpel, dengan fokus pada pengggunaan Google Business Profile dan WhatsApp Business sebagai sarana promosi digital. (Sof/Anggi)