KUDUS, Suara Muhammadiyah — Pesantren Muhammadiyah Kudus kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan dengan menggelar Workshop Pelayanan Pendidikan, yang dilaksanakan pada Rabu, 9 Juli 2025 di Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus yang beralamat di Singocandi, Kota, Kudus. Acara ini diikuti oleh 80 guru dan pegawai dari berbagai unit di bawah naungan Pesantren Muhammadiyah Kudus.
Workshop ini menghadirkan Fariza Khoirin Nida tim pemateri dari Bank Jateng Syari’ah Cabang Kudus, yang memberikan wawasan dan pelatihan terkait peningkatan layanan pendidikan berbasis nilai-nilai syari’ah, profesionalitas, serta pelayanan prima kepada peserta didik dan masyarakat.
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Oemar Teguh Sabda Laksana, S.Pd.I Mudir/pimpinan Pesantren Muhammadiyah Kudus, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelayanan yang unggul merupakan bagian integral dari dakwah pendidikan.
“Kami ingin seluruh guru dan pegawai memiliki semangat melayani dengan hati, dengan standar mutu yang tinggi, dan tetap berakar pada nilai-nilai Islam, semangat ini bisa dimulai dengan menghidupkan morning briffing di tiap bagian,” ujarnya.
Selama workshop, para peserta dibekali dengan berbagai materi seperti etika pelayanan Islami, manajemen kepuasan pelanggan dalam konteks pendidikan, serta praktik komunikasi efektif dan profesional di lingkungan pesantren. Pemateri dari Bank Jateng Syari’ah juga berbagi praktik dari dunia perbankan syari’ah yang relevan untuk diterapkan dalam pelayanan pendidikan.
Kegiatan berlangsung dinamis dan interaktif, ditutup dengan refleksi bersama serta penyusunan komitmen tindak lanjut dari hasil workshop oleh mudir pesantren. Diharapkan kegiatan ini menjadi langkah nyata dalam membentuk budaya pelayanan yang ramah, cepat, dan berkualitas di lingkungan Pesantren Muhammadiyah Kudus. (Supardi)