Pendidikan Jalan Membangun Peradaban

Publish

18 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
175
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir

MAGELANG, Suara Muhammadiyah – Muhammadiyah bergerak nyata lewat penyelenggaraan pendidikan. Sampai saat ini, dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi, Muhammadiyah terus memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat luas. Tujuannya untuk membangun fisik, memperluas aset, dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Lebih lanjut, dalam perspektif keislaman, pendidikan Muhammadiyah juga bermisi mencerdaskan akal-budi manusia.

“Mencerdaskan akal-budi itu pekerjaan yang tidak pernah kenal lelah dan tidak boleh terputus. Karena mendidik manusia memang harus terus-menerus. Maka, kebijakan pemerintah di bidang pendidikan apapun orientasinya mestinya mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun peradaban,” ujar Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir saat Groundbreaking Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Magelang, Jawa Tengah, Jumat (16/8).

Dalam konteks membangun peradaban, Haedar mengingatkan tidak hanya sekadar fokus pada kulit luarnya semata (fisik). Namun, harus dibangun berlandaskan ruhaniah mencakup spiritualitas, moral, etika, pengetahuan, dan keadaban. “Itu harus satu kesatuan di dalam membangun bangsa. Lebih-lebih pendidikan, yang dalam perjalanan kita sering abai soal ini karena terpukau oleh hal-hal yang fisik,” katanya.

Hal tersebut, lanjut Haedar, hanya melahirkan generasi yang lemah. Dalam teori sosiologi disebut cultural lag. Menurut William F Ogburn, ketika sukses membangun yang serba fisik sampai digdaya dan menciptakan pesona luar biasa, tapi dibalik itu jangan melupakan hal substansial bahwa ada nilai-nilai rohani yang harus menjadi fondasi dalam membangun bangsa.

“Ini pelajaran buat bangsa kita, lebih-lebih di saat kita memperingati kemerdekaan ke-79. Kita bangun fisik yang serba ragawi, indrawi, tapi pada saat yang sama jangan lupa isinya. Yakni hal-hal yang rohaniah, moral, etika, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya,” tuturnya.

Haedar mengingatkan, generasi sekarang (Gen-Z) tengah menghadapi tantangan luar biasa. Menurutnya genersi ini bahkan generasi setelahnya, dihadapi realitas sosial yang serba cepat berubah. Semua itu akibat globalisasi maupun dinamika lokal, nasional, bahkan regional yang menciptakan ketidakpastian dan kompleksitas yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Lebih lanjut, dalam beberapa survei menunjukkan, kalangan generasi milenial, generasi Z, dan generasi Alfa, mulai ragu terhadap agama, ragu tentang Tuhan, dan kehidupan setelah wafat. “Mungkin mereka banyak input dari berbagai entah film atau apapun bacaan yang salah kaprah,” jelasnya. Maka, perlu pembimbingan dalam memahami segala hal yang ada di kehidupan. “Orang harus dibimbing cara membaca buku harus pakai ilmu,” tegasnya.

Maka, untuk menjadi bangsa yang unggul dan berkemajuan, diperlukan ilmu, selain nilai spiritual, moral, dan akhlak. Di sinilah pendidikan Muhammadiyah memainkan perannya. “Kita harus terus memproduksi dan menciptakan budaya orang berpengetahuan dan berilmu. Dengan membaca, kita menjadi kaya pengetahuan. Tapi harus meningkat lagi menjadi sains, agar cara berpikir kita makin sistematik,” tukasnya. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) menyelenggarakan Apel Milad ke - 63 ....

Suara Muhammadiyah

19 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 47 tokoh Budha dari 17 negara yang berperan sebagai Dewan ....

Suara Muhammadiyah

23 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Aktivis Mahasiwa Universitas Ahmad Dahlan terkhusus Organisasi Oton....

Suara Muhammadiyah

19 May 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan kolaborasi untuk merin....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tidak pernah berhenti mel....

Suara Muhammadiyah

20 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah