PKUM UMPR Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme Sejak Dini

Publish

19 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
168
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka menggembirakan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah (PKUM) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) mengadakan Semarak Kemerdekaan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) At-Tanwir PKUM UMPR di Halaman Masjid Kampus II UMPR, Ahad (18/8/24).

Kegiatan tersebut diawali dengan senam bugar Muhammadiyah pada pagi hari yang diikuti oleh Mahasantri PKUM UMPR, Santri dan Wali Santri TPQ At-Tanwir PKUM UMPR.

Aris Pratama Gunawan, S.H., selaku Kepala TPQ At-Tanwir menyampaikan bahwa Semarak Kemerdekaan merupakan momentum untuk menumbuhkan semangat nasionalisme.

"Kegiatan ini bukan untuk senang-senang saja, namun ada makna yang sangat besar yaitu menanamkan nilai-nilai perjuangan sejak dini, menumbuhkan jiwa nasionalisme, dan menghormati para pahlawan yang telah gugur di medan tempur, spirit mereka masa lalu adalah spirit kita hari ini untuk merebut kembali sebuah nilai kemenangan atau kemerdekaan," ungkap Aris.

Sementara itu, ucapan apresiasi dan harapan disampaikan juga oleh Dr. Ariyadi, S.H., M.H., sebagai Sekretaris Takmir Masjid Kampus 2 UMPR.

"Terima kasih kepada teman-teman PKUM UMPR yang telah melaksanakan kegiatan yang gembira ini, semoga Orang Tua Wali Santri TPQ At-Tanwir bisa ikut merasakan kegembiraan dan kebahagiaan, kemerdekaan adalah nikmat terbesar yang diberikan Allah kepada negeri kita, mari kita jaga salah satunya dengan cara memperingati hari lahirnya bangsa ini," tuturnya.

Salah satu Wali Santri TPQ At-Tanwir Tirah Ce’i Safutri meluapkan kebahagiannya dalam mengikuti rangkaian kegiatan tersebut.

"Saya dan kami atas nama Wali Santri sangat bahagia sekali dengan adanya kegiatan ini, anak-anak juga pada senang mengisi akhir pekannya, kegiatannya sederhana namun sangat meriah sekali, terima kasih kepada seluruh Ustaz dan Ustazah yang telah mengadakan kegiatan ini, semoga TPQ kita semakin maju dan sukses ke depannya," harapnya.

Perlombaan yang diadakan pada Semarak Kemerdekaan ini adalah Lomba Menyanyikan Lagu Kebangsaan, Lomba Memasukan Paku ke dalam Botol, Lomba Ketangkasan Bata, dan Lomba Makan Kerupuk Islami. Kegiatan berakhir pada pukul 11.00 WIB dengan pengumuman para pemenang.(APG)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Prodi Psikologi UM Bandung berhasil menyelenggarakan Kuliah Umum....

Suara Muhammadiyah

29 May 2024

Berita

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah - Tim atlet Tapak Suci Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang....

Suara Muhammadiyah

2 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bekerja sama dengan Otori....

Suara Muhammadiyah

9 July 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal pendidikan Tinggi, Riset, dan Tekn....

Suara Muhammadiyah

11 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 (Wibraga) Yogyakarta menggelar a....

Suara Muhammadiyah

28 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah