Perkuat Kerjasama Internasional UMRI Kunjungi MCUT Taiwan

Publish

27 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
96
Istimewa

Istimewa

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah – Univeritas Muhammadiyah Riau (Umri) dalam upaya melakukan evaluasi dan penguatan kerjasama Internasional melakukan kunjungan ke Ming Chi University of Technology (MCUT) yang terletak di Taishan District, New Taipei City, Taiwan, pada Senin (26/8/2024) pagi.

Pada kunjungan tersebut, rombongan Umri yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor II, Badan Pimpinan Harian (BPH), Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama (KUIK) serta perwakilan Sekolah Pasca Sarjana Umri yang dipimpin langsung oleh Rektor Umri Dr Saidul Amin MA ini, diterima secara langsung oleh President MCUT Prof Dr Thu-Hua Liu serta didampingi Dekan Kantor Urusan Internasional, Ketua Prodi Desain Komunikasi Visual, Direktur Program Praktikum Multidisiplin, Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Biokimia, dan beberapa orang staff MCUT.

Sebelum melakukan pertemuan, rombongan Umri diajak melakukan kunjungan ke beberapa tempat yang terdapat di Ming Chi, dimulai mengunjungi Ruang Galeri Sejarah, Ruang Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Biokimia, Ruang Program Studi Desain Komunikasi Visual, dan Kantor Urusan Internasional Ming Chi.

Dalam sambutannya, Rektor Umri Dr Saidul Amin MA., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ming Chi yang berkenan menerima kunjungan Umri serta menerima dua mahasiswa Umri yang mengikuti Summer Camp Program.

“Umri mengucapkan terimakasih kepada Ming Chi University yang telah berkomitmen menjaga hubungan dan kerjasama yang baik ini serta mengimplementasikannya melalui beberapa kegiatan, diantaranya Summer Camp Program dimana dua orang mahasiswa Umri mengikutinya ditahun ini dan kedepan kami akan mengirim lebih banyak lagi,” ujar Saidul Amin.

Lebih lanjut, Saidul Amin mengatakan pentingnya penanaman nilai-nilai moral kepada mahasiswanya. “Perlu bagi pihak kmapus untuk menekankan peranan penting kampus di Asia yang memiliki keunggulan dalam penanaman nilai-nilai moral kepada mahasiswa. Maka kolaborasi antara Umri dan Ming Chi memiliki peranan penting untuk menyinari dunia pendidikan dengan nilai-nilai spiritual yang tidak dimiliki kampus-kampus Barat,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Umri mengundang pimpinan dan mahasiswa Ming Chi untuk berkunjung ke Umri, serta Umri akan melakukan kegiatan Summer Camp dengan mengundang mahasiswa yang berasal dari mitra luar negeri.

“Umri senantiasa terbuka menerima kedatangan pimpinan dan mahasiwa Ming Chi. Kedepan Umri akan menerima Program Summer Camp dari perguruan tinggi mitra diluar negeri yang salah satu prioritas dari Ming Chi University of Technology, Taiwan,” pinta Saidul Amin.

Presiden Ming Chi, dalam sambutannya menyambut baik kunjungan dari Umri dan ditahun yang akan datang kami akan melakukan kunjungan balasan sekaligus akan melakukan MoA.

“Ming Chi menyambut baik atas kunjungan yang dilakukan Umri hari ini, hal ini menandakan hubungan baik antar kedua Universitas. Kami berkomitmen akan memperluas kegiatan kerjasama dengan program double degree. Kami juga akan berkunjung ke Umri untuk mendantangani MoA program double degree sekaligus melihat kampus UMRI secara langsung,” ujar Prof Dr Thu-Hua Liu

Pada pertemuan antar kedua Universitas ini, disepakati perluasan program dimana pada tahun depan akan dimulai program double degree untuk mahasiswa S1 Prodi Teknik Kimia, dengan mekanisme dua tahun kuliah di Umri dan dua tahun kuliah di Ming Chi dengan skema beasiswa selama di Ming Chi. Setelah selesai S1, mahasiwa tersebut akan memperoleh dua Ijazah yaitu dari Umri dan Ming Chi University of Technology. Dalam kesempatan tersebut dilakukan juga penjajakan program double degree bagi mahasiswa Pascasarjana Umri dimana satu tahun kuliah di Umri dan satu tahun kuliah di Ming Chi. (Muhansir)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Puji dan Syukur dihari yang ke-lima Ramadhan, Islamic Center ....

Suara Muhammadiyah

16 March 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Abdul Mu'ti, ME....

Suara Muhammadiyah

20 April 2024

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Tim Pengadilan Agama Wonogiri mengadakan Monitoring dan Evaluasi (Mon....

Suara Muhammadiyah

19 January 2024

Berita

SUMEDANG, Suara Muhammadiyah - Berangkat dari Permendikbud Ristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang penceg....

Suara Muhammadiyah

5 June 2024

Berita

MAGELANG, Suara Muhammadiyah – Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) makin menunjukkan kemajuan ....

Suara Muhammadiyah

28 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah