Mubaligh dan Bakti Sosial di Kecamatan Tangen

Publish

2 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
221
Mubaligh Hijrah

Mubaligh Hijrah

SRAGEN, Suara Muhammadiyah - Pondok Pesantren Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen mengadakan kegiatan "Mubaligh Hijrah" pada Sabtu-Minggu, 31 Agustus hingga 1 September 2024. Kegiatan yang berlangsung di Masjid Al Firdaus, Dusun Glagah, RT.31, Desa Dukuh, Kecamatan Tangen ini dipimpin langsung oleh Ustadz Mufti Aziz Al Hafidz, yang juga merupakan penanggung jawab program kelas khusus di Ponpes Dimsa dan Imam Besar Masjid Raya Al-Falah, Sragen. 

Acara ini diikuti oleh santriwan dan santriwati kelas khusus Ponpes Dimsa dengan serangkaian kegiatan keagamaan yang penuh makna. Para santri diberi kesempatan untuk menjadi imam sholat, memberikan kultum setelah sholat, serta melaksanakan Tasmi' Al-Qur'an. Kegiatan ini juga mencakup tahajjud berjamaah dan subuh ceria, yang semakin memperdalam spiritualitas para santri. 

Setelah rangkaian kegiatan keagamaan selesai, acara dilanjutkan dengan Bakti Sosial berupa penyaluran bantuan dua truk tangki air bersih kepada masyarakat yang terdampak kekeringan di Kecamatan Tangen. Bantuan disalurkan ke dua lokasi, yaitu Dusun Galeh RT.02, Desa Galeh, dan Dusun Ngablak RT 10, Desa Ngrombo. 

Program Mubaligh Hijrah ini bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh para santri di pesantren dengan terjun langsung ke masyarakat. Selain itu, kegiatan Bakti Sosial ini juga bertujuan untuk melatih kepekaan sosial para santri dengan memberikan manfaat langsung kepada mereka yang membutuhkan. 

"Kegiatan ini sudah rutin dilakukan setiap bulannya oleh santri kelas khusus Ponpes Dimsa guna melatih mental serta kepekaan santri terhadap lingkungan agar senantiasa mengaplikasikan ilmunya selama di pondok," Mufti menambahkan. 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para santri dapat memperkuat hubungan antara pesantren dan masyarakat, sekaligus mengamalkan nilai-nilai keagamaan dan kepedulian sosial yang telah mereka pelajari di Pesantren. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Tahun 2023 ditutup oleh Kwartir Wilayah Hizbul Wathan (HW) Sulawesi S....

Suara Muhammadiyah

1 January 2024

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Gayung biru yang tampak kusam itu terus disiduk. Perlu keringat ....

Suara Muhammadiyah

12 October 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM Bandung bersama Majelis Pem....

Suara Muhammadiyah

21 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – PCM Umbulharjo menyelenggarakan Pengajian Pimpinan setiap Sab....

Suara Muhammadiyah

2 December 2023

Berita

SUKABUMI, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memperingati Hari Mangrove sedunia, Keluarga Besar Mahas....

Suara Muhammadiyah

25 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah