Masifkan Gerakan, LDK Gelar BIMTEK Dai Komunitas se-Kalimantan Timur

Publish

24 August 2024
ldk

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
352
Istimewa

Istimewa

SAMARINDA, Suara Muhammadiyah - Pada 23-25 Agustus 2024 - Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerja sama dengan LDK Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur sukses menyelenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) bagi dai komunitas se-Kalimantan Timur. Acara ini diadakan di Kompleks Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur, Kota Samarinda, dengan partisipasi dai komunitas yang mewakili Pimpinan Daerah Muhammadiyah dari seluruh Kalimantan Timur.

BIMTEK ini diselenggarakan dengan tujuan memperkuat ideologi, meningkatkan keterampilan dakwah komunitas, dan memperkenalkan sistem pelaporan atau reportase dakwah secara nasional sehingga ada keseragaman dokumentasi dakwah. Fasilitator dan materi BIMTEK sepenuhnya dikelola oleh tim pusat di bawah arahan Ketua LDK PP Muhammadiyah, Muchamad Arifin, M.Ag., dengan Dr. Tohirin, M.Pd.I bertindak sebagai Master of Training (MOT), serta Tommy Hidayat, M.Pd sebagai instruktur pendamping.

Seperti pada BIMTEK sebelumnya, peserta dituntut untuk aktif dalam pendalaman materi dan juga difasilitasi dengan praktik kunjungan lapangan untuk simulasi pelaksanaan dakwah komunitas. Praktek ini sepenuhnya telah dipersiapkan oleh LDK PWM Kalimantan Timur.

Ketua PP Muhammadiyah, Dr. KH. Saad Ibrahim, M.A., hadir memberikan keynote speech sekaligus membuka rangkaian acara pada Jumat malam, 23 Agustus 2024, di aula Kompleks Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya ketangguhan dai dalam menghadapi tantangan dakwah, dengan meneladani Rasulullah dan para sahabat. Beliau juga mengingatkan bahwa dakwah di Muhammadiyah adalah gerakan yang harus berlanjut dengan aksi nyata, serta pentingnya hijrah ke daerah-daerah minoritas Muslim untuk memaksimalkan dakwah.

Muchamad Arifin, M.Ag., dalam sambutannya menegaskan komitmen LDK PP Muhammadiyah untuk mengirim 300 dai ke daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal) tahun ini. Ia juga menyoroti peran penting LDK dalam menyapa berbagai komunitas yang kerap menghadapi masalah sosial, dan bagaimana kehadiran LDK mampu memberikan pencerahan dan kontribusi dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Ketua PWM Kalimantan Timur, KH. Siswanto, dalam sambutannya sebagai tuan rumah, menekankan pentingnya kehadiran LDK dalam melakukan penetrasi dakwah di berbagai komunitas, terutama yang sulit dijangkau oleh dai pada umumnya. Beliau juga menekankan bahwa BIMTEK ini sangat penting untuk membekali para dai sebelum terjun ke lapangan.

Acara BIMTEK ini diharapkan dapat menghasilkan dai-dai yang lebih siap dan tangguh dalam menjalankan misi dakwah, terutama di komunitas-komunitas yang memerlukan perhatian khusus di Kalimantan Timur.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KLATEN, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Gedung SIERAD PDM Klaten, Lembaga Hikmah Kebijakan Publik ....

Suara Muhammadiyah

25 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Liga 3 Nasional akan segera menggeliat dan menyemarakkan sepakbola ....

Suara Muhammadiyah

28 February 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Para Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) Manggala Kota Makassar mengge....

Suara Muhammadiyah

1 October 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Assoc Prof Dr Jebu....

Suara Muhammadiyah

11 November 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Ketua tim peneliti Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepa....

Suara Muhammadiyah

26 August 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah