Mahasiswa UMMI Sosialisasikan Zero Stunting

Publish

28 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
168
Mahasiswa UMMI

Mahasiswa UMMI

SUKABUMI, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 15 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi dari berbagai jurusan melaksanakan KKN tematik dengan tema “New Zero Stunting” di Kecamatan Gegerbitung Desa Buniwangi pada tanggal 13 Agustus hingga 21 September 2024. “New Zero Stunting merupakan inovasi bagi mahasiswa ." Program percepatan penurunan stunting melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang salah satu penerapannya melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kelompok 24 ini didampingi oleh DPL (Dosen Pendamping Lapangan) ibu Ika Sofia Rizqiani, S.Pd.I., M.S.I.

Permasalahan stunting yang terjadi di Indonesia telah mencapai status membahayakan generasi penerus bangsa. Satu dari tiga anak kecil di Indonesia menderita stunting, hal ini sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak di masa emas. Beberapa faktor penyebab seperti tinggi badan ibu, kurangnya asupan gizi pada ibu hamil, gizi buruk pada anak, penyakit anak dan kurangnya pemahaman orang tua terhadap pertumbuhan dan perkembangan normal anak juga turut berkontribusi terhadap terjadinya stunting.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika stunting terjadi, perkembangan motorik anak terganggu sehingga perkembangan otak anak tidak maksimal. Selain itu, hambatan juga dapat mempengaruhi perkembangan sosial dan afektif anak. Dampak jangka panjang dari stunting erat kaitannya dengan rendahnya kualitas sumber daya manusia, seperti peningkatan risiko penyakit tidak menular, rendahnya kecerdasan, dan stunting di usia dewasa.

Permasalahan penghambatan merupakan permasalahan yang perlu segera diatasi, karena semakin tinggi angka penghambatan di tingkat nasional maka akan semakin mempengaruhi eksistensi dan daya saing Indonesia di masa depan. Berdasarkan hal tersebut, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengembangkan kegiatan inovasi untuk mempercepat penurunan stunting dengan meluncurkan program Mahasiswa Peduli Stunting yang terintegrasi melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN-T) di perguruan tinggi khususnya Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Mengusung tema tematik KKN-T “New Zero Stunting” dan untuk mewujudkan Jabar Zero New Stunting, kelompok KKN Desa Buniwangi Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi melakukan beberapa upaya preventif untuk menurunkan angka stunting, diantaranya dengan tetap melakukan upaya pencegahan pada generasi muda.

Tim mahasiswa KKN T Universitas Muhammadiyah Sukabumi memilih remaja karena remaja merupakan tahap paling awal dari segalanya. Remaja merupakan calon orang tua dan berperan penting dalam melahirkan generasi berkualitas di masa depan. Di sisi lain, ibu hamil juga menjadi sasaran terhambatnya upaya preventif. Wanita hamil adalah calon orang tua sejati. Menambah pengetahuan tentang stunting bagi anak di masa depan merupakan komitmen untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas, sehingga kami berencana untuk menghubungi MTs dan MA Assolahiyah.

Langkah sosialisasi pertama yang dilakukan siswa adalah dengan mengunjungi sekolah MTs dan MA Assolahiyah. Kegiatan yang dilakukan diawali dengan senam kelompok yang diikuti oleh seluruh kelas yang berkumpul di lapangan utama dari kelas 7 dan 10. Setelah selesai kegiatan senam bersama, selanjutnya para mahasiswa bekerjasama dengan Puskesmas Gegerbitung memberikan tablet tambah darah (TTD) kepada remaja putri di berikan 1 tablet untuk seluruh siswi MTS dan MA. 

Kegiatan selanjutnya adalah pemaparan materi aksi  gizi dan upaya pencegahan stunting di kelas 7 dan 10 yang diikuti total 70 siswa. Alasan kami memilih kelas 7 dan 10 berdasarkan rekomendasi dari guru MTs dan MA Assolahiyah. Teknis pelaksanaan kegiatan ini adalah menggabungkan dua kelas dalam satu ruangan. Materi yang disampaikan berkaitan dengan pola gaya hidup umum remaja yang mungkin mempengaruhi stunting di masa depan.


Komentar

Dian Kustiawan

Luar biasa...

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Di hari yang cerah, Kamis, 2 Mei 2024, SMP Muhammadiyah Program Khus....

Suara Muhammadiyah

2 May 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKSI) mengadakan Seminar Akuntan....

Suara Muhammadiyah

16 July 2024

Berita

Majelis Dikdasmen dan PNF PWM DKI Gelar Raker  JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pendidika....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah  - “Dalam berbagai riset, partisipasi angkatan kerja teman....

Suara Muhammadiyah

7 March 2024

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 9 dosen Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) menerima hib....

Suara Muhammadiyah

5 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah