Luncurkan 24 Kelas Inspirasi, SD Muh 1 Solo Pacu Siswa Kembangkan Potensi Diri

Publish

7 September 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
81
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SOLO, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah 1 Solo — atau dikenal dengan nama SDMuh1solo —meluncurkan 24 kelas inspirasi di aula sekolah sehat, Jumat (6/9/2024).

Kepala Sekolah Sri Sayekti mengatakan, kelas inspirasi merupakan salah satu program unggulan yang secara rutin di sekolah penggerak yang beralamat di Jalan Kartini No 1 Ketelan Barat Pura Mangkunegaran sebagai wadah untuk mengembangkan minat dan bakat siswa.

“Untuk tahun ajaran 2024/2025 ada 4 kali kelas inspirasi. Maka hari ini saya luncurkan 24 kelas inspirasi semoga bisa memacu untuk mengembangkan potensi siswa sejak dini. Anak hebat orang tua terlibat,” ujar Sayekti, panggilan akrabnya.

Menurut dia, selain kegiatan ekstrakurikuler, siswa-siswi Sdmuh1solo bisa melejitkan potensi di bidang non akademik, kecerdasan kinestetik, dan performance melalui kelas inspirasi.

Orangtua memiliki peran penting untuk membantu anak meraih cita-cita. Untuk itu orangtua haruslah menjadi suri teladan bagi anak. Kondisi di lapangan memperlihatkan orangtua menjadi sosok yang ditiru atau diteladani anak. 

Biasanya apa yang dilakukan orangtua akan diikuti anak. Misalnya bila orangtua rajin olahraga maka ikut berolahraga, bila orang tua rajin baca alquran dan lain sebagainya. Maka, keterlibatan orangtua berkaitan erat dengan hasil prestasi anak baik secara akademik maupun karakter,” beber Anggota Diksuspala PP Muhammadiyah itu.

Di kelas inspirasi para orangtua dapat memperkenalkan profesi atau pekerjaan yang dilakukan orangtua serta memberikan motivasi kepada anak untuk meningkatkan prestasi belajar. Motivasi yang diberikan para orangtua di kelas inspirasi dapat membangkitkan semangat belajar anak dan membantu anak mulai berimajinasi tentang cita-cita nya di masa depan. 

Peran sekolah dalam mendidik anak, membutuhkan kerja sama aktif dari orang tua (ortu). Keterlibatan ortu dalam pendidikan anak di sekolah, merupakan kerja sama jangka panjang. Maka ortu diminta lebih aktif dan responsif, terkait perkembangan pendidikan anak-anaknya di sekolah. 

Keterlibatan dalam perkembangan pendidikan anak, salah satunya melalui program kelas orang tua mengajar. Program ini memberi kesempatan ortu untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada siswa. Kelas orang tua mengajar dinilai penting, untuk meningkatkan semangat dalam belajar di era kekinian.

“Kolaborasi antara sekolah dengan orang tua sangat dibutuhkan. Terutama di jenjang SD. Mengingat anak masih sangat dekat dengan orang tuanya. Maka informasi tentang anak, sangat penting diketahui sekolah melalui kelas orang tua,” katanya.  

Seperti orangtua Abrisam Keenan, Nur Dwi Handayani AMd A Kes dari Laboratorium Mikrobiologi FK UNS bagaimana mengajarkan anak melihat bakteri dan orang tua kelas 5A bagaimana memadamkan api secara sistematis.


Kontributor, Jatmiko.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Sebanyak 178 mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Muham....

Suara Muhammadiyah

20 July 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Lazismu Jawa Tengah terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan ....

Suara Muhammadiyah

20 April 2024

Berita

Sampaikan Tabligh Akbar dalam Gerakan Sholat Subuh Berjamaah UMY YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - M....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Dosen Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung melaksanakan pengabd....

Suara Muhammadiyah

8 July 2024

Berita

CIREBON, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Saad Ibrahim, membuka secara resmi ....

Suara Muhammadiyah

8 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah