Keren! SD Muhammadiyah PK Solo Juara Umum OSMJT

Publish

9 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
88
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

SOLO, Suara Muhammadiyah - Sebanyak enam murid SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo berhasil menjuarai final lomba Olimpiade Sains Muhammadiyah Jawa Tengah (OSMJT) Season III Tingkat SD/MI. Ajang final kompetisi ini digelar di Gedung Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sabtu (7/9/2024).

Enam murid SD Muhammadiyah PK Solo menjuarai final kompetisi OSMJT untuk tiga kategori, yaitu Bahasa Inggris, IPA, dan Matematika. Kategori Bahasa Inggris, Affan Al Athaya (medali emas) dan Kenisha Irnadianis Waskito (medali perak). Kategori IPA, Muhammad Wira Adinegara (medali emas) dan Astranarendra Pramoedya Ananta Kusuma (medali emas). Kategori  Matematika, Gerrard Prajnadhira Agung (medali emas) dan Nismara Pragya Chedrina Agung (medali emas).

OSMJT merupakan Olimpiade Sains, Matematika, dan Bahasa Inggris yang diperuntukkan murid SD/MI Muhammadiyah se-Jawa Tengah yang bekerjasama dengan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) dan Forum Komunikasi Kepala Sekolah (FKKS) Muhammadiyah Jawa Tengah.

Pelaksanaan lomba OSMJT dibagi menjadi tiga tahap. Tahap penyisihan dilaksanakan pada Senin, (12/8/2024) dan tahap semi final dilaksanakan pada Kamis, (22/8/2024. Keduanya dilangsungkan secara daring melalui halaman website KPM www.kpm.read1institute.org. Sedangkan, tahap final digelar secara luring di Gedung Pascasarjana UMS, Sabtu (7/9/2024).

Tahap penyisihan lomba OSMJT untuk tingkat Kota Solo dilangsungkan di dua tempat yang berbeda, yaitu SD Muhammadiyah PK Kottabarat dan SD Muhammadiyah 1 Ketelan. Keseluruhan peserta yang lolos final OSMJT sebanyak 120 anak. 

Koordinator lomba SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, Dwi Hati Syukur Lestari menyampaikan pembinaan bagi peserta lomba sudah dilakukan selama dua bulan oleh tim klaster Bahasa, Matematika, dan IPA. Bagi peserta yang lolos semi final juga memperoleh pembinaan dari pihak KPM via zoom meeting.

"Para peserta dan pendamping lomba sudah berjuang semaksimal mungkin untuk lolos final OSMJT. Kerja keras, kejujuran, dan ketelitian sangat terasa ketika para peserta melewati babak seleksi via daring," terangnya.

SD Muhammadiyah PK Solo juga dinobatkan sebagai juara umum OSMJT tingkat Kota Solo. Sedangkan salah satu murid kelas VI, Nismara Pragya Chedrina Agung, mendapatkan penghargaan sebagai peserta terbaik kategori Matematika.

Salah satu pemenang medali emas kategori lomba Bahasa Inggris, Affan Al Athaya menyampaikan rasa syukurnya dapat mengikuti final OSMJT.

"Sejak awal seleksi, kami selalu diberi kepercayaan dan rasa tanggung jawab untuk mengerjakan soal-soal yang ditampilkan di layar monitor. Meski ada dua pasang kamera yang mengawasi kami saat proses seleksi, kami tak gentar dan tetap fokus untuk memberikan hasil terbaik," ucapnya saat mengenang proses seleksi OSMJT. (Alle)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah – Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin dan PCM Banjarm....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Bertempat di Aula Kasman Singodimejo, Universitas Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

21 October 2023

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Amil zakat, infak dan sedekah Muhammadiyah Kalimantan Ten....

Suara Muhammadiyah

11 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Majelis Pembinaan Kesejahteraan (MPKS) Pimpinan Wilayah Muham....

Suara Muhammadiyah

25 August 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - GreenFaith Indonesia berkolaborasi dengan Eco Bhinneka Muhammadiyah me....

Suara Muhammadiyah

13 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah