Kemeriahan Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 SD Muhammadiyah Pakem

Publish

20 August 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
124
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia identik dengan berbagai perlombaan. Seperti di SD Muhammadiyah Pakem, untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, akan mengadakan berbagai perlombaan untuk siswa-siswinya.

Beberapa lomba yang dilaksanakan yaitu Olimpiade MIPA yang diikuti oleh seluruh siswa SD Muhammadiyah Pakem. Soal Olimpiade tentunya disesuaikan dengan jenjang kelas. 

Selain itu, ada juga lomba menyanyi, membaca puisi, dan lomba ketangkasan. Perlombaan dilaksanakan pada hari Kamis dan Jumat, 15-16 Agustus 2024. Lomba menyanyi dan baca puisi dibagi menjadi 3 kategori, yaitu: kategori A untuk siswa kelas 1 dan 2, kategori B untuk siswa kelas 3 dan 4, kategori C untuk siswa kelas 5 dan 6. Lomba baca puisi untuk kategori A membawakan puisi berjudul “Jejak-jejak Pejuang”, kategori B membawakan puisi berjudul “Bayang-bayang Pejuang”, kategori C membawakan puisi berjudul “Kusuma Bangsa”. 

Sedangkan lomba menyanyi untuk seleksi, siswa dipersilakan untuk memilih lagu “Garuda Pancasila, Hari Merdeka, Halo-Halo Bandung, atau Maju Tak Gentar”. Setiap kelas mengirimkan dua wakil untuk mengikuti seleksi lomba menyanyi dan baca puisi. Bagi siswa yang terpilih perkategori, nantinya akan tampil di atas panggung yang sudah disiapkan oleh sekolah untuk memperebutkan juara 1, 2 dan 3. 

Untuk lomba ketangkasan dilaksanakan pada Kamis, 15 Agustus 2024. Lomba ketangkasan dilaksanakan perkelas. Siswa kelas 1 lomba EsTaPe Stik, kelas 2 lomba Numerasi Lari Bola Ganjil Genap, kelas 3 lomba Literasi Lari Balon, kelas 4 lomba, Numerasi Paper Cut, kelas 5 lomba Numerasi Balon Tiup. Kelas 6 lomba Numerasi Spasial Challenge. Tentunya para siswa sangat antusias mengikuti lomba ini. Mereka terlihat sangat senang dan bersemangat. Untuk lomba ketangkasan ini, akan diambil pemenang 1-3 untuk putra maupun putri perkelasnya. 

Tak mau kalah dengan murid-muridnya, guru dan karyawan SD Muhammadiyah Pakem juga mengadakan lomba Estafet Karet yang dipandu oleh mahasiswa PLP dari Universitas Ahmad Dahlan. Lomba dilaksanakan di halaman sekolah dan disaksikan seluruh siswa-siswa SD Muhammadiyah Pakem. Tentunya suara riuh dari murid-murid memberikan semangat untuk gurunya menjadi tambahan energi tersendiri bagi guru dan karyawan SD Muhammdaiyah Pakem dalam lomba Estafet Karet ini. 

Pada Jumat, 16 Agustus 2024 adalah hari yang sudah ditunggu-tunggu oleh seluruh warga SD Muhammadiyah Pakem. Hari tersebut merupakan babak final lomba menyanyi dan baca puisi. peserta lomba akan menampilkan perform terbaik mereka di atas panggung dan akan dinilai oleh dewan juri.

Finalis lomba menyanyi berjumlah 18 siswa dan lomba baca puisi berjumlah 18 siswa. Mereka secara bergantian menampilkan kebolehannya di atas panggung secara bergantian sesuai nomor urut yang diperoleh. Setelah semua tampil, maka akan di ambil juara 1, 2, 3 berdasarkan penilaian dari juri. Selain itu, di hari Jumat tersebut sekaligus pembagian hadiah untuk para pemenang lomba Olimpiade MIPA dan lomba ketangkasan. 

 “Kegiatan seperti ini sangat perlu dilakukan selain untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, tetapi juga untuk mengasah bakat-bakat yang terpendam dari siswa-siswi SD Muhammadiyah Pakem,”ujar Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Pakem.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

LEMBATA, Suara Muhammadiyah - Desa Tobotani di Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata NTT adalah salah....

Suara Muhammadiyah

15 April 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa program studi Administrasi Publik Universitas Muhammad....

Suara Muhammadiyah

17 December 2023

Berita

Bersih Pantai dan Bagikan Bibit Tanaman ke Rumah Ibadah TERNATE, Suara Muhammadiyah - Setelah sukse....

Suara Muhammadiyah

15 July 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kegiatan Baitul....

Suara Muhammadiyah

20 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Indonesia akan menghelat pesta demokrasi lima tahunan (Pemilu....

Suara Muhammadiyah

12 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah