IPM SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta Dibekali Public Speaking

Publish

18 August 2024
ipm
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
174
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Berbicara di hadapan orang banyak bisa dipelajari dengan mengetahui dasar-dasarnya. Untuk itu orang harus percaya diri agar bisa berkomunikasi dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Rosa Kusuma Dewi Azhar di depan siswa-siswi yang tergabung dalam Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Sabtu (17/8/2024).

Dalam pelatihan master of ceremony yang diikuti 150 pelajar itu, Rosa sampaikan bahwa belajar jadi MC harus tahu dulu tujuannya. "Paling penting adalah percaya diri dan kepercayaan diri akan muncul kalau kita bisa menemukan kepribadian kita," ungkap Rosa.

Bagi Rosa, manfaat belajar public speaking adalah menggali potensi diri, melatih berpikir kritis, meningkatkan kemampuan riset, menumbuhkan karakter pemimpin, modal berkarier. "Belajar berorganisasi ini juga bisa belajar public speaking," tandasnya.

Pada kesempatan itu Rosa juga sampaikan tips menjadi public speaker. "Pastikan tujuan kita melakukan public speaking, penguasaan topik dan materi, mengenali diri sendiri, melakukan latihan, pengalaman atau jam terbang," kata Rosa.

Pendidikan formalnya dengan karir yang ia geluti bisa dibilang tidak berhubungan secara linear. Namun Rosa Kusuma Dewi Azhar ini sangat menikmati bidang yang ia tekuni sejak masih duduk di bangku SMP.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Naning Hidayati, S.Pd, M.Pd, berharap setelah mengikuti pelatihan public speaking ini siswa-siswi mengetahui dan memahami etiket sebagai MC. "Selain itu mampu meningkatkan kemampuan berbicara dan berkomunikasi secara efektif," kata Naning Hidayati.

Dijelaskan Naning, kali ini anggota IPM yang sangat hebat dan luar biasa sekali dibimbing dengan berbagai teknik dan tips untuk menghilangkan ketakutan berbicara di depan umum. "Mencairkan suasana dan memberikan warna pada acara yang berlangsung," kata Naning.

Menurut Naning, sikap seorang MC menggunakan kekuatan suara dan intonasi saat membawakan acara, berbicara dengan penuh simpati dan memukau.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Perhelatan Akbar Musyawarah Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten ....

Suara Muhammadiyah

30 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Para Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) Manggala Kota Makassar mengge....

Suara Muhammadiyah

1 October 2023

Berita

Rakerda LLHPB Aisyiyah Sukoharjo SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah – Konsolidasikan organisasi da....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada Rabu (27/9), Iwan Setiawan, M.S.I. (Wakil Ketua PWM DIY) melep....

Suara Muhammadiyah

29 September 2023

Berita

BARITO KUALA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Barito Kuala (PDM Batola) kolaborasi....

Suara Muhammadiyah

31 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah