Inspiratif! Gel Lidah Buaya Atasi Penyakit Kulit

Publish

29 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
145
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Tim Dosen UMKU Berikan Pelatihan di Kedungwaru Demak

DEMAK, Suara Muhamamdiyah - Tim Dosen Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) memberikan pelatihan pembuatan gel lidah buaya pada Ahad, 14 Juli 2024. Kegiatan yang diselenggarakan di Desa Kedungwaru Lor, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, dihadiri oleh 30 warga setempat 

Gel lidah buaya dimanfaatkan untuk terapi alternatif penyembuhan dermatitis. Tumbuhan sukulen ini menghasilkan gel berwarna bening yang ampuh dalam mengatasi berbagai masalah pada kulit, seperti luka lecet,  luka bakar derajat ringan, jerawat, dermatitis seboroik, serta eksim.

Pelatihan ini dipandu oleh Apt. Zaenal Fanani, M.Sc  seorang dosen yang ahli dalam bidang farmasi. Zaenal menjelaskan bahwa lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, terutama dalam mengobati kondisi dermatitis yang sering dialami oleh masyarakat.

“Masyarakat Kedungwaru Lor dipilih sebagai lokasi pengabdian karena, Tim menemukan masalah dermatitis atau gatal-gatal di kulit yang didertia oleh masyarakat pasca banjir yang melanda Kecamatan Karanganyar, banyak masyarakat yang mengalamai penyakit gatal kulit” ujarnya. 

“Karena itulah kami mengambil lidah buaya yang mudah ditemukan di sini, lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-jamur yang sangat efektif dalam mengobati dermatitis atau gatal-gatal, penggunaan gel lidah buaya sebagai terapi alternatif sangat cocok karena alami dan minim efek samping,” katanya.

Selama pelatihan, peserta diajarkan cara memilih daun lidah buaya yang baik, teknik pengolahan, hingga cara penyimpanan gel lidah buaya agar tetap steril dan efektif. Para peserta terlihat antusias mengikuti setiap langkah yang diberikan, mulai dari pemotongan daun lidah buaya, pengupasan kulit, hingga proses penghalusan dan penyimpanan gel.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama dalam menghadapi masalah kulit seperti dermatitis yang sering dialami oleh keluarga kami, dengan pelatihan ini, kami jadi tahu cara membuat gel lidah buaya sendiri di rumah, dan disini banyak sekali tanaman itu” kata Insan Kumila, salah satu peserta pelatihan.

Sementara itu, Yunita Rusidah, ketua tim pengabdian masyarakat juga menjelaskan manfaat ekonomi yang bisa dikembangkan oleh masyarakat setempat. “Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberdayakan masyarakat dalam memanfaatkan tanaman lidah buaya yang banyak tumbuh di halaman mereka, kemampuan membuat gel lidah buaya sendiri, warga dapat menjualnya dalam skala mikro kepada warga lain yang membuthkan” pungkasnya. (AR)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah - Kamis, 19 Oktober 2023 SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta atau yan....

Suara Muhammadiyah

31 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - (4/1) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY menerima kunjung....

Suara Muhammadiyah

5 January 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengukuhkan 3767 ma....

Suara Muhammadiyah

19 September 2023

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Pada Tanggal 8 Januari 2024, bertempat di Balai Desa Sumbersari, Kec....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Puluhan anggota Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPK....

Suara Muhammadiyah

28 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah