Dosen UIN Alauddin Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Sydney

Publish

9 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
351
Istimewa

Istimewa

SYDNEY, Suara Muhammadiyah - Kolaborasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan atas kerjasama Ashabul Kahfi Language School (AKLS), Sydney Australia dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dan Fakultas Tarbiyah dan Kejuruan (FTK) UIN Alauddin Makassar berlangsung meriah pada Ahad 8 September 2024 lalu.

Kegiatan yang dihadiri oleh hampir seratus orang peserta ini bertempat di salah satu aula Punchbowl Public School, yang berlokasi di 1333 Canterbury Road, Punchbowl NSW 2196. Di antara hadirin yang terdiri atas siswa-siswi AKLS, orang tua dan guru, tampak terlihat dua orang founders Ashabul Kahfi Islamic Centre Incorporated, DR. Teuku Chalidin Yacob, JP dan ibu Darliana Abdullah, school principal AKLS. Para siswa dan siswi yang berusia sekitar 6 hingga 15 tahun secara antusias berinteraksi dengan para pembicara yang mengemas acara dalam kombinasi yang apik antara games dan pemaparan materi. 

Rombongan dari Makassar terdiri atas Dekan FKIK, Dr. dr. Dewi Setiawati, Sp.OG., M.Kes;  Ketua International Office, ⁠Dr. Serliah Nur, M.Hum., M.Ed.; empat orang dosen UIN Alauddin Makassar  dr. Nurhira Abdul Kadir, MPH, Ph.D, Nurdiyanah S, SKM, MPH, ⁠Ani Auli Ilmi, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.Kom dan  ⁠Annisa Shofa Tsuraya, S.Pd., M.Pd., serta ⁠Mada Fauziah Hanum Siagian, mahasiswa program Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Makassar.

Dalam pemaparannya, dua pemateri dari UIN Alauddin Makassar, Dewi Setiawati dan Serliah menggaris – bawahi pentingnya anak untuk merawat cita-cita mereka dengan upaya yang sungguh-sungguh, belajar, dan berdoa. Pengasuhan orang tua dan dukungan do’a terhadap keberhasilan anak-anak adalah salah satu kunci keberhasilan meraih cita-cita. 

Dr. Teuku Aulia Geumpana, salah satu pengajar AKLS yang juga pakar IT dan dosen di University of Newcastle Australia, memperkuat pernyataan ini dalam dialog interaktif yang disambut secara bersemangat oleh para siswa. Bergantian siswa maju mengutarakan cita-cita mereka. Kholil, putra ibu Sumarheni Sudir, seorang kandidat PhD yang juga dosen di Fakultas Farmasi Unhas, lantang menyebutkan ingin menjadi petugas pemadam kebakaran.

Dalam amanatnya, DR. Teuku Chalidin Yacob, JP, menyambut baik kegiatan kerjasama UIN Alauddin Makassar dengan Ashabul Kahfi Language School (AKLS), Sydney Australia. Menurutnya, Ashabul Kahfi yang dirintisnya sejak puluhan tahun lalu telah menjadi komunitas multicultural dan bukan hanya mengakomodir semangat beragama Masyarakat Aceh di perantauan namun pula WNI dan bangsa lainnya seperti Pakistan dan Bangladesh. 

Beberapa warga asal Sulawesi juga bergabung di sana. Hubungan antara Aceh dan Makassar, menurut Teuku Chalidin, adalah hubungan yang bersejarah dan sangat erat. Beberapa tokoh Makassar juga telah mengunjungi Ashabul Kahfi Sydney di antaranya walikota Makassar, Danny Pomanto. Turut mendamping dalam kegiatan ini adalah beberapa pengurus KKSS Sydnye, yakni Firdaus Muis, Kustina Firdaus, dan Sartini Puji Astuti. (Nurhira Abdul Kadir) 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 22 Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah se kota Makassar period....

Suara Muhammadiyah

14 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Masih dalam suasana semarak Milad yang ke-60 tahun, Ikatan Mahasisw....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah – Di usia yang kelima pada tahun 2018, Pondok Pesantren Al-Mu&r....

Suara Muhammadiyah

28 September 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Sebagaimana telah diketahui bahwa Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammad....

Suara Muhammadiyah

2 November 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal Pimp....

Suara Muhammadiyah

9 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah