Dosen FAI UM Banjarmasin Dampingi Perencanaan Keuangan UMKM

Publish

18 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
145
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah - Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Banjarmasin kembali menunjukkan peran aktifnya dalam pengabdian masyarakat. Kali ini, terdapat beberapa dosen terlibat sebagai narasumber dalam pelatihan perencanaan keuangan bagi pelaku usaha mikro mikro kecil (UMK) se-Kecamatan Banjarmasin Barat. Kegiatan ini diselenggarakan pada 31 Juli-01 Agustus 2024 dan dihadiri oleh puluhan peserta dari berbagai sektor UMK.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya perencanaan keuangan dalam menjalankan usaha. Dalam sambutannya, Ketua Panita Ibu Khamsiah menjelaskan bahwa perencanaan keuangan merupakan salah satu pilar penting dalam keberhasilan sebuah usaha, terutama bagi pelaku usaha UMK yang sering kali menghadapi tantangan dalam mengelola arus kas dan modal usaha. Beliau juga mengungkapkan kegiatan ini tidak akan berjalan tanpa kerjasama dan dukungan berbagai pihak. 

Acara ini di prakarsai oleh Pemerintah Kecamatan Banjarmasin Barat. Bapak Camat Dr. IBNU SABIL, S.STP., M.AP menjelaskan bahwa acara ini hasil buah kerjasama dengan berbagai pihak seperti Komunitas Ekonomi Kreatif “Bersinar”, Rumah Disabilitas Borneo, Universitas Muhammaiyah Banjarmasin, Universitas Lambung Mangkurat, tidak hanya itu kegiatan ini juga di dukung Pelindo, PLN (UP Pltd Trisakti), PT. Insan Bonafide Banjarmasin , Hotel Banjarmasin Internasional

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan tempat pelaksanakan di Hotel Banjarmasin Internasional, dengan berbagai materi bahasan yang menarik. Muhammad Yusuf, S.Pd.I, M.A selaku Dekan Fakultas Agama Islam menjadi narasumber dengan topik bahasan bekerja dan bisnis yang halal. Kemudian di lanjutkan oleh Ikhwatun Hasanah, M.S.A, selaku dosen perbankan syariah dengan topik bahasan perencanaan keuangan dan sertifikasi halal, dan juga dari pemateri-pemateri lainnya yang expert dibidangnya.

"Perencanaan keuangan yang baik akan membantu pelaku usaha dalam mengambil keputusan yang tepat, menghindari risiko kebangkrutan, serta mengoptimalkan keuntungan. Melalui pelatihan ini, kami berharap para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk meningkatkan kinerja usaha mereka”. Ungkap Ikhwatun, selaku narasumber sekaligus Dosen di Fakultas Agama Islam UM Banjarmasin.

Para peserta pelatihan tampak antusias mengikuti setiap sesi yang diadakan. Banyak dari mereka menyampaikan bahwa materi yang diberikan sangat relevan dengan kondisi usaha mereka saat ini. "Saya sangat terbantu dengan pelatihan ini. Sebagai pelaku usaha kecil, saya sering kesulitan dalam mengatur keuangan. Dengan penjelasan dari salah satu peserta, saya jadi lebih paham bagaimana cara membuat perencanaan yang baik," ujar salah satu peserta.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat oleh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Melalui kegiatan ini, diharapkan terjalin sinergi yang kuat antara akademisi dan pelaku usaha dalam membangun ekonomi yang lebih kuat dan mandiri di wilayah Banjarmasin Barat.

Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Muhammad Yusuf, S.Pd.I, MA, dan seluruh peserta pelatihan. Mengatakan "Kami berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan kapasitas pelaku usaha di Banjarmasin melalui berbagai program pelatihan dan pendampingan. Semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas," tuturnya. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PADANG, Suara Muhammadiyah - Majelis Tarjih dan Tajdid menggandeng MDMC PWM Sumbar menggelar pengaji....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Berita

BANJARBARU, Suara Muhammadiyah - Dalam semangat berbagi dan mempererat ukhuwah Islamiah, Lazismu Ban....

Suara Muhammadiyah

24 June 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa program studi Ilmu Keolahragaan S1 Fakultas Kesehatan Masya....

Suara Muhammadiyah

5 June 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah 1 Solo gelar Islamic Camp (MISC), Jumat- Sabtu (16-....

Suara Muhammadiyah

17 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Musibah gempa bumi di Maroko menjadi duka bagi seluruh umat m....

Suara Muhammadiyah

11 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah