Donor Darah KSR PMI UMG, Aksi Kecil yang Berdampak

Publish

10 August 2024
UMG

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
137
UMG

UMG

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Dalam upaya menghidupkan semangat kemanusiaan dan kepedulian sosial, Korps Suka Rela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) menyelenggarakan kegiatan donor darah sebagai bagian dari ORMAWA AWARD 2024. Kegiatan ini tidak hanya sekadar rutinitas, tetapi menjadi ajakan bagi masyarakat untuk saling membantu dan berkontribusi dalam menyelamatkan nyawa.

Pada Jumat, 9 Agustus 2024, KSR PMI UMG kembali mengadakan kegiatan donor darah di kampusnya. Kegiatan ini bertujuan untuk menggalang lebih banyak partisipasi dari masyarakat dalam mendonorkan darah bagi mereka yang membutuhkan. Tidak hanya anggota KSR PMI UMG yang terlibat, tetapi juga Biro Kemahasiswaan dan Alumni, anggota Himpunan Mahasiswa Keperawatan, PMI Lamongan, mahasiswa, serta masyarakat umum.

Maghfiratun Nisa' Arifani, Ketua KSR PMI UMG, menekankan pentingnya kegiatan donor darah yang rutin dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. "Kegiatan ini kami lakukan secara rutin agar masyarakat maupun anggota KSR PMI UMG dapat merasakan dampak positif dari aksi donor darah," ujarnya.

Donor darah, jelas Maghfiratun, memberikan berbagai manfaat, termasuk meningkatkan kesehatan pendonor, menumbuhkan rasa kepedulian sosial, menyelamatkan nyawa, menjaga ketersediaan stok darah, serta mengurangi risiko penyakit. "Ini adalah salah satu bentuk kepedulian nyata yang bisa kita lakukan," imbuhnya.

Hidayat, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UMG, juga menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini. "Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi, baik dari sponsor, relawan, maupun para peserta donor darah. Tanpa dukungan dan partisipasi aktif, kegiatan ini tidak akan terlaksana dengan baik," ungkapnya.

Hidayat menambahkan, "Semoga kegiatan donor darah ini menjadi amal ibadah bagi kita semua dan dapat terus berlanjut di masa yang akan datang. Mari kita jadikan momen ini sebagai langkah kecil yang membawa perubahan besar bagi mereka yang membutuhkan," pungkasnya.

Dengan banyaknya manfaat yang didapat, donor darah menjadi tindakan sederhana namun berdampak besar bagi kesehatan masyarakat. Tidak hanya membantu sesama, tetapi juga membawa kebaikan bagi pendonor itu sendiri. (azhar/diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menggelar kegia....

Suara Muhammadiyah

13 June 2024

Berita

Selenggarakan Seminar Nasional, Hibah, dan Workshop Pengelolaan Perpustakaan Berbasis TI SLEMAN, Su....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (U....

Suara Muhammadiyah

12 October 2023

Berita

Medan, Suara Muhammadiyah – Enam Pimpinan Daerah Muhammadiyah di Sumatera Utara menyampaikan k....

Suara Muhammadiyah

21 February 2024

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Rumah sakit Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya Kalimantan Tenga....

Suara Muhammadiyah

9 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah