Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Gelar FGD Integrasi Kurikulum Nasional

Publish

26 August 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
192
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) serta Pendidikan Nonformal (PNF) Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bertema "Implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan Muhammadiyah (KSPM) Integrasi Kurikulum ISMUBA ke dalam Kurikulum Nasional" pada Ahad-Senin, 25-26 Agustus 2024. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Lantai 6, Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, dan dihadiri oleh pimpinan Majelis Dikdasmen dan PNF Muhammadiyah.

Dr. Iwan Junaedi, M.Pd., Wakil Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF Muhammadiyah, menyampaikan bahwa kegiatan FGD ini bertujuan untuk mentransformasi pendidikan dasar dan menengah berbasis Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai karakter utama yang holistik dan integratif. "Kegiatan ini diharapkan menghasilkan lulusan berkemajuan dengan etos pembelajar sepanjang hayat, mampu menjawab kebutuhan zaman, dan memiliki tata kelola pendidikan yang unggul, berdaya saing global, serta inklusif," ujar Iwan.

Salah satu hasil penting dari FGD ini adalah pembentukan tim fasilitator yang terdiri dari para pimpinan Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah. Tim ini nantinya akan bertindak sebagai pelatih utama (TOT) untuk mengimplementasikan kurikulum ini di seluruh satuan pendidikan Muhammadiyah.

Ketua Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah, H. Didik Suhardi, Ph.D., menambahkan bahwa kurikulum yang didesain dalam FGD ini juga berfokus pada penguatan enterpreneurship. "Saya berharap lulusan kita dapat menjadi entrepreneur baru yang menambah jumlah kelas menengah, sehingga visi Indonesia Emas dapat tercapai. Siswa harus lebih banyak belajar secara bermakna dengan memperbanyak aktivitas, sekaligus menjadikan sekolah sebagai laboratorium kehidupan," jelas Didik. Ia juga berharap agar sebagian lulusan SMK dapat menjadi pencipta lapangan kerja (job maker) serta memperkuat budaya kerja bagi mereka yang menjadi pencari kerja (job seeker).

Dengan adanya FGD ini, diharapkan implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan Muhammadiyah yang terintegrasi dengan Kurikulum Nasional dapat berjalan dengan efektif, serta mencetak generasi yang siap menghadapi tantangan global dengan tetap berpegang pada nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (ISMUBA).

Lebih lanjut, Didik mengatakan bahwa salah satu agenda tindak lanjut Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah pasca FGD implementasi KSPM adalah menyiapkan training of trainer (TOT) di tingkat PWM/PDM. (Tim Medcom Dikdasmen PNF PPM)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TERNATE, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) menggelar upacara wisuda ....

Suara Muhammadiyah

26 May 2024

Berita

Ajarkan Pembuatan Obat Tradisional dari Daun Jambu Air untuk Mengobati Kolesterol KUDUS, Suara Muha....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Berita

MAGELENG, Suara Muhammadiyah - Kamis, 13 Rabi’ul Awwal 1445 H bertepatan dengan 28 September 2....

Suara Muhammadiyah

29 September 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah — Ma'had Al-Birr Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar meny....

Suara Muhammadiyah

10 September 2024

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) Muhammadiyah Disaster management C....

Suara Muhammadiyah

22 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah