Cergas! Kerjasama Antar PWM Sukses Tangani Kasus Penelantaran Anak

Publish

21 July 2024
pwm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
175
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MALANG, Suara Muhammadiyah – Ucapan alhamdulillah dan puji syukur kepada Allah SWT diucapkan oleh Muidhoh Hasanah, seorang nenek dari Semarang, karena telah bertemu kembali dengan cucunya, ZU (3 tahun), di Malang. ZU adalah anak yang ditelantarkan oleh ibunya, NIA, sejak bulan Maret 2024 dan ikut di keluarga ADB yang menjadi pengasuh anak di Malang.

Kasus ini muncul sejak adanya surat permohonan penjemputan tertanggal 18 Juli dari Muidhoh Hasanah di Semarang kepada Pimpinan Wilayah Jawa Tengah (PWM Jateng) terkait penjemputan cucunya yang ditelantarkan ibunya.

Surat tersebut kemudian dilanjutkan ke Ketua Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) PWM Jawa Timur, Bapak Hudi Nur W. Dengan cepat, pada Jumat (19/7), Tim MPKS PWM Jatim yang dikomandoi oleh Saudara Fadly Yulianto beserta Tim MPKS PDM Kota Malang sigap menuju saudari ADB, pengasuh anak yang beralamat di Kelurahan Sukun, Kota Malang, sebagaimana diberikan oleh MPKS PWM Jateng.

Hingga hari Sabtu (20/7), dipertemukan antara Muidhoh Hasanah selaku nenek ZU dengan Adiba dan ibunya, KML, di Kelurahan Sukun, Kota Malang. Dengan pendekatan yang humanis didampingi Tim MPKS PWM Jatim, MPKS PDM Kota Malang, BLKK Muhammadiyah, dan Lazismu Kota Malang, pertemuan yang emosional dan haru terjadi. Karena sudah ada ikatan emosional antara ADB beserta keluarga dengan ZU. Di sisi lain, nampak kerinduan yang lama dari Muidhoh Hasanah kepada cucunya. Alhamdulillah, pertemuan ini menghasilkan kesepakatan win-win solution.

Dalam pertemuan ini disepakati bahwa bantuan dari LAZISMU PWM Jatim menanggung semua biaya yang dikeluarkan oleh keluarga ADB. Dalam pertemuan itu, disampaikan oleh Koordinator Tim, Fadly Yulianto, “Semoga ini menjadi pembelajaran bagi kita semua sebagai orang tua terkait merawat anak bukan hanya diserahkan kepada asisten rumah tangga, tetapi itu adalah tanggung jawab orang tua, baik ayah maupun ibu.” (mhs)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menjadi tuan rumah a....

Suara Muhammadiyah

26 March 2024

Berita

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun melaksanakan acara KPU Goes To ....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Wakaf uang dinilai memiliki peluang besar untuk memberdayakan kelompok....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

7 December 2023

Berita

PONTIANAK, Suara Muhammadiyah - Pelaksanaan Rakerwil 'Aisyiyah Kalimantan Barat Sabtu 09 Desember 20....

Suara Muhammadiyah

10 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah