Cegah Rokok Demi Generasi Muda Indonesia yang Sehat

Publish

31 August 2024
GSM

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
26
Siaran langsung GSM, YouTube TvMU

Siaran langsung GSM, YouTube TvMU

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Gerakan Subuh Mengaji (GSM) ke-160 kembali hadir untuk memperluas syiar dakwah secara daring. Majelis ini diadakan secara rutin oleh Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Jawa Barat pada Jumat (30/8).

Bertemakan “Tantangan PP 28 Tahun 2024 terkait Perlindungan Anak dalam Pengendalian Konsumsi Produk Tembakau”. Edisi ini dibawakan oleh Dr Emma Rachmawati, MKes (Wakil Ketua 4 MPKU PP Muhammadiyah) sebagai pemateri.

Dapat kita ketahui bersama produk tembakau sudah menjadi bahan yang dikenal setiap lapisan masyarakat, tidak urung juga pada anak-anak kita. Bahkan bagi Muhammadiyah, di dalam Majelis Tarjih sudah disampaikan bahwa ini adalah suatu hal yang haram untuk dikonsumsi.  

Di dalam pandangan Islam, suatu hal yang dilakukan jika menimbulkan lebih banyak bersifat buruknya (mudharat), maka lebih baik dihindari bagi umatNya. Rokok, merupakan produk yang lebih banyak zat kimia yang tidak baik bagi kesehatan raga.

“Kita bisa menyatakan rokok sebagai produk tembakau itu banyak mudharatnya, kita bisa lihat di internet campuran kimia di dalamnya banyak sekali racunnya. Parahnya ada zat adiktif yang buat konsumen kecanduan,” ujarnya.

Pemberian Allah SwT untuk hambanya banyak sekali, salah satunya adalah kesehatan. Maka menurut Emma, ini sebagai tanggung jawab yang harus dipelihara dengan baik. “Tubuh ini adalah amanah bagi Allah yang harus dijaga supaya tetap sehat,” ucapnya.

Sebagai garda terdepan, orang tua yang sudah dikaruniai buah hati, tentu memiliki banyak tantangan untuk menuntun anaknya kepada jalan yang lurus. “Jalin komunikasi yang baik pada anak dan edukasi rutin orang tua kepada anak,” ujarnya.

Indonesia sebagai negara yang besar, tentu memiliki tanggung jawab yang besar untuk menangani masalah masyarakat bagi pemimpinnya. Menurut Emma, perkara ini harus ditangani oleh tegasnya pemerintah mengeluarkan regulasi terhadap penjualan dan batas usia.

“Pengawasan dan penegakan hukum yang ketat dan konsisten, dan kepatuhan pedagang kecil menjadi kunci,” ujarnya.

Ia menegaskan bahwa perkara ini membutuhkan pendekatan, ikhtiar, dan waktu untuk mengedukasi masyarakat oleh negara, majelis pendidikan, dan orang tua.

Lebih lanjut, Emma memberikan kutipan penutup dari Ustadz Adi Hidayat sebagai cerminan masalah rokok di Indonesia. 

“Allah memberi masalah, karena Allah percaya kita pasti melaluinya. Sabar itu berbanding lurus dengan masalah. Ketika anda ingin belajar sabar, biasanya akan diuji dengan masalah dan ketika anda sabar saat ada masalah, anda dipuji Allah,” pungkasnya. (Fab)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Majelis Tabligh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pahandut Kota ....

Suara Muhammadiyah

12 February 2024

Berita

KUALA KAPUAS, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kapuas H.Kamaruddin AK m....

Suara Muhammadiyah

30 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali menggelar kegiata....

Suara Muhammadiyah

7 August 2024

Berita

Dosen UAD Berikan Pelatihan Pemasaran Produk bagi Pelaku Disabilitas UMKM di Kabupaten Sorong SORON....

Suara Muhammadiyah

30 August 2024

Berita

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka merayakan Hari Sumpah Pemuda ke-95, Pondok Pesantre....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah