268 Mahasiswa PoltekMu Makassar Ikuti PKKMB

Publish

27 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
194
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Politeknik Muhammadiyah (PoltekMu) Makassar menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) pada Selasa, 27 Agustus 2024 di Wisma Negara Kawasan Center Point of Indonesia (CPI). 

Ketua Panitia PKKMB, Syahrina Tjonda melaporkan, sebanyak 268 mahasiswa mengikuti agenda orientasi tersebut. Mereka adalah mahasiswa Program Studi D3 Sanitasi, D3 Radiologi, D3 Teknologi Elektro Medis (TEM), D3 Teknologi Laboratorium Medis (TLM), D4 TEM, D4 TLM, dan D4 Radiologi Pencitraan. 

"PKKMB ini merupakan agenda bagi wajib mahasiswa baru untuk mengenali situasi, kondisi, dan seluruh peraturan kampus. Agenda ini wajib seperti pelaksanaan pertemuan orang tua yang dihelat pada Senin, 26 Agustus kemarin," ungkap dia. 

Kedua agenda PKKMB itu, lanjut dia, merupakan upaya kampus untuk memberikan awal dan permulaan yang baik bagi mahasiswa, termasuk untuk menjalin komunikasi, sinergitas antara kampus, mahasiswa, dan orang tua. 

Dalam sambutannya, Direktur PoltekMu Makassar, Prof. Dr. K.H. Mustari Bosra, M.A. menyampaikan, sebelum melangkah jauh, para mahasiswa baru harus meluruskan niat berkuliah di kampus vokasi Unggul Berkemajuan yang ia pimpin. 

Ia menekankan, sebagai perguruan tinggi Muhammadiyah-'Aisyiyah (PTMA), PoltekMu juga berorientasi pada kemajuan dan spirit untuk selalu memberi manfaat sebesar-sebesarnya. 

Salah satu firman Allah yang tertancap dalam di sanubari kader dan warga Persyarikatan adalah yaitu Quran Surah Al-Imran ayat 110 yang memerintahkan untuk menjadi manusia terbaik. Namun, lanjut dia, predikat terbaik itu tidak akan tercapai jika tidak memberikan manfaat bagi banyak orang. 

Karena itu, tegas Direktur, salah satu niat yang harus dihadirkan oleh mahasiswa PoltekMu adalah seluruh ilmu dan keterampilan yang didapatkan di kampus harus diimplementasikan untuk memberikan manfaat sebanyak-banyaknya. 

"Alhamdulillah, kalian sudah tepat memilih Politeknik Muhammadiyah Makassar yang semua program studinya adalah prodi-prodi yang berorientasi pada pemberian manfaat dan jasa bagi masyarakat banyak," ungkap dia. 

Direktur juga berpesan lima hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan cita-cita dan niatan menjadi manusia terbaik. Pertama, untuk menjadi terbaik, mahasiswa PoltekMu harus bercita-cita  besar. "Kalau mau jadi the best, khairu ummah, manusia terbaik harus berani bercita-cita, harus bermimpi besar." 

Kedua, karena bercita-cita besar, mahasiswa PoltekMu juga harus berpikir besar. Untuk berpikir besar, tegas dia, mahasiswa harus banyak membaca, banyak belajar, paling untuk disiplin ilmu yang sedang ditempuh. 

Hal ketiga, mahsiswa PoltekMu harus memperluas jaringan, memperbanyak teman, saling bantu-membantu, saling mengisi, dan banyak berkolaborasi. "Nabi sudah memberitahu kita kalau mau banyak rejeki, panjang umur, harus memperbanyak silaturahim," ujar dia. 

Poin keempat dan kelima, adalah bersungguh-sungguh dengan harus sabar dan terus berdoa. "Kalau hal baik sudah diniatkan, harus bersungguh-sungguh diupayakan terwujud. Kalau saya pribadi, selalu berprinsip kualleangi tallanga na toalia. Kalau saya suda komitmen, saya harus sabar dan terus berdoa, memasrahkannya kepada Allah Swt dengan keyakinan pasti akan diberikan yang terbaik," tutup dia.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) ....

Suara Muhammadiyah

20 September 2023

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Ratusan masyarakat turun ke sungai bersama puluhan mahasiswa Kuli....

Suara Muhammadiyah

26 August 2024

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Asy Syamsu Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

19 August 2024

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Ahad, 26 November 2023 Musyawarah Pimpinan Daerah Nasiatul ‘Ais....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Gita Amara Aulia, mahasiswa program studi Teknik Informatika UM ....

Suara Muhammadiyah

10 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah