Wujudkan Pemimpin Negarawan, PDPM Kapuas Gelas Musyda ke-9

Publish

21 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
119
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KAPUAS, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kapuas (PDPM Kapuas) Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Musyawarah Daerah (Musyda) di Aula Rujab Bupati Kapuas Jl. Jend. Sudirman No.10, Selat Hilir, Kec. Selat, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, pada Ahad malam (20/8/2024). Musyawarah ini dihadiri oleh 36 peserta dan mengangkat tema “Pemuda Negarawan dalam Membangun Kapuas yang Berkemajuan”.

Acara tersebut turut dihadiri oleh H.Kamaruddin AK, (Ketua PDM Kapuas), M. Jalaluddin, M.Pd. (sekretaris PDM Kapuas), Evan Bastian, S.Pd., M.Pd. (Sekretaris Umum PWPM Kalteng), Kurniawan, S.Pd.I (Wakil Ketua PWPM Kalteng), M. Busyrol Fuad (Ketua PDPM Kapuas), Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) , PD Aisyiyah, Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA), pengurus Nasyiyatul Aisyiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Tapak Suci Putra Muhammadiyah dan Hizbul Wathan, KNPI, Pemuda Ansor dan tamu undangan lainnya. 

Ketua PDPM Kapuas, M. Busyrol Fuad, mengatakan bahwa tema Musyda kali ini menjadi mimpi besar Pemuda Muhammadiyah kapuas untuk membangun daerah yang berkemajuan dan berkeadaban. "Pemuda Muhammadiyah mampu melahirkan sosok pemimpin yang cakap memimpin dan berakhlakul karimah melalui proses kaderisasi yang berlandaskan Al-Qur'an dan As-Sunah," ujarnya.

Sejalan dengan itu, Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Tengah, Evan Bastian, S.Pd., M.Pd., menyampaikan Sebagai bagian dari Muhammadiyah, Pemuda Muhammadiyah tentu tidak akan lepas dalam setiap aktivitas dan gerakannya dari nilai nilai keislaman dan kemuhammadiyahan. Selain sebagai organisasi kepemudaan, Pemuda Muhammadiyah juga sebagai organisasi dakwah. Gerakan Dakwah yang Muhammadiyah lakukan ialah dakwah amar ma'ruf nahi munkar. Karena itu dalam matan keyakinan dan cita cita hidup Muhammadiyah disebutkan bahwa Muhammadiyah bekerja untuk terlaksananya ajaran Islam yang meliputi bidang aqidah, akhlak, ibadah dan muamalah duniawiyah.

Dalam periode ini Pemuda Muhammadiyah telah mengusung visi gerakan yang menjadi fokusnya, yaitu gerakan pemuda negarawan. Ada empat pilar yang menyokong gerakan pemuda negarawan oleh Pemuda Muhammadiyah, pertama pilar Islam berkemajuan. Ini adalah sebuah spirit dalam pandangan keagamaan yang berorientasi untuk mempertinggi dan memajukan kehidupan manusia, memerangi keterbelakangan, kemiskinan, kebodohan dan kemerosotan akhlak. 

Kedua, pilar keilmuan. Untuk mendukung gerakan Islam berkemajuan, kita harus menguatkan penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena iptek adalah pilar penyokong keberlangsungan hidup suatu peradaban umat dan bangsa. Dengan ipteklah sebagai sarana untuk memuluskan kita mencapai tujuan yang di cita citakan.

Ketiga, pilar kewirausahaan sosial. Generasi muda saat ini sudah mulai mendominasi, generasi muda adalah aset penggerak ekonomi dimasa depan, sudah banyak negara didunia ini kebijakan ekonominya mengikuti karakter yang dimiliki generasi muda. Karena itu generasi muda harus terus dikembangkan demi menunjang kehidupan ekonomi dimasa mendatang.

Terakhir, keempat, pilar politik kebangsaan. Politik dalam nalar Pemuda Muhammadiyah bukanlah politik yang permisif, materialis dan pragmatis. Politik bagi Pemuda Muhammadiyah harus berbasis pada nilai nilai luhur, yang mendudukan politik bukan sekedar jalan meraih kekuasaan tetapi juga sebagai ranah dakwah beramar ma'ruf nahi munkar.

“Saat ini kita sudah dekat dengan pilkada, dan jangan sampai kita terpecah belah oleh perbedaan sikap politik, bangun seluas luasnya hubungan dengan semua pihak, namun juga perlu diingat, secara organisasi kita netral tidak memihak, namun secara pribadi kader kader dan warga bebas untuk bersikap dengan pandangan keilmuan sehingga mendatangkan jiwa negarawan yang sejati. Serta mari kita sukseskan pilkada nanti, semoga berjalan aman dan terpilih pemimpin yang amanah yang dapat memajukan dan mengsejahterakan rakyat," ujarnya.

Terakhir, menjadi harapan kita semua, semoga musyawarah daerah ke 9 Pemuda Muhammadiyah Kapuas ini menghasilkan keputusan dan program yang kelak dapat memberikan kebermanfaatan bagi pembangunan daerah di kabupaten kapuas. Serta terpilih pimpinan yang mampu menjadikan Pemuda Muhammadiyah di Kapuas ini lebih maju dan berkembang lagi. “siapa pun yang terpilih nanti harus menjadi visioner dengan program – program yang nyata untuk umat dan bangsa” ujarnya. 

Hasil Musyda PDPM Kapuas menetapkan Ridwan Syahputra sebagai Ketua, Muhammad Ihya sebagai Sekretaris dan Muhammad Arya sebagai Bendahara periode 2023 – 2027. (MF)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM Bandung bersama Majelis Pem....

Suara Muhammadiyah

21 December 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Irwan Akib, MPd mem....

Suara Muhammadiyah

26 June 2024

Berita

TANGERANG, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta (FH U....

Suara Muhammadiyah

12 June 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Malang kembali mengembangkan kawasan baru yang....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Dadang Kahmad, MSi mengapr....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah