Waspada Godaan Setan dari Berbagai Arah

Publish

19 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
42
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

CEPU, Suara Muhammadiyah – Masjid Al-Hikmah Muhammadiyah Cepu kembali menggelar Kajian Umum Ahad Pagi dengan tema “Iblis Tak Pernah Menyerah” (15/9). Kajian ini diisi oleh Ustadz Drs H Mariya, MPd yang mengingatkan pentingnya kewaspadaan terhadap tipu daya setan yang selalu berusaha menyesatkan manusia.

Sebelum kajian dimulai, jamaah diajak membaca Al-Qur'an bersama-sama yang dipimpin oleh ustaz Hilmi, moderator dalam kajian tersebut. Suasana tenang dan khidmat menyelimuti masjid, menandai awal dari pembahasan yang mendalam.

Dalam penyampaiannya, Ustadz Mariya menegaskan bahwa setan tidak pernah menyerah dalam menggoda manusia dari berbagai arah. Musuh nyata yang selalu mengintai manusia ini tidak boleh dianggap remeh. “Setan harus diposisikan sebagai musuh, bukan sahabat. Kita tidak boleh berdamai dengannya,” tegasnya.

Setan, jelas Ustadz Mariya, menyerang manusia dengan cara-cara licik. Ia menggoda manusia dari depan dengan menanamkan keraguan terhadap hari akhir dan kehidupan setelah mati. "Cita-cita tertinggi setan adalah menjadikan manusia kufur, ingkar terhadap kebenaran. Dari belakang, setan mendorong manusia untuk lebih mencintai dunia dan melupakan kehidupan abadi di akhirat," katanya.

"Setan juga menggoda dari arah kanan, membuat manusia menganggap amal sholeh tidak lagi penting. Sementara dari arah kiri, ia menghiasi kemaksiatan hingga tampak indah dan diikuti banyak orang sebagai tren," imbuhnya.

Untuk menghindari godaan tersebut, Ustadz Mariya menyarankan agar manusia senantiasa berdoa kepada Allah, meminta perlindungan dari arah atas, dan bersikap rendah hati dengan menundukkan kepala ke arah bawah, agar tidak tergoda oleh keburukan yang ada di sekelilingnya. Setan, menurutnya, tidak memiliki ruang untuk menggoda manusia dari atas dan bawah jika mereka selalu berserah diri kepada Allah.

Melalui kajian ini, umat diajak untuk memperkuat keimanan dan terus berwaspada terhadap segala bentuk godaan setan. Doa dan amal sholeh menjadi tameng yang efektif dalam melindungi diri dari tipu daya setan yang tak pernah berhenti berusaha menyesatkan.

Kajian Ahad Pagi di Masjid Al-Hikmah ini merupakan bagian dari program Majelis Tabligh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan Cepu, yang secara rutin diselenggarakan untuk memperkuat pemahaman agama di kalangan masyarakat. (GunLika)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

LAMPUNGUTARA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Lampung Utara mengada....

Suara Muhammadiyah

7 April 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Prof Gunawan Suryoputro Rektor Uhamka menyambut mahasiswa baru Uhamka ....

Suara Muhammadiyah

23 September 2023

Berita

PADANG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) Sumatera menggelar Rapat Koordinasi (r....

Suara Muhammadiyah

6 January 2024

Berita

BARITO, Suara Muhammadiyah - Berbagi kebahagiaan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Hal ini seper....

Suara Muhammadiyah

14 September 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sukses meraih penghargaan Museum....

Suara Muhammadiyah

28 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah