Ustadz Adi Hidayat Beri Penguatan AIK Bagi Dosen dan Tendik UMRI

Publish

19 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
58
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah  - Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) menggelar penguatan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) bagi seluruh dosen dan tenaga kependidikan bersama Wakil Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr Adi Hidayat Lc MA (UAH). Kegiatan yang digelar di Auditorium Kampus Utama umri Jalan Tuanku Tambusai ini turut dihadiri oleh Rektor bersama Wakil Rektor, Badan Pembina Harian (BPH), serta seluruh civitas akademika Umri.

Dalam sambutannya, Rektor Umri Dr Saidul Amin MA mengucapkan ungkapan terimakasihnya kepada UAH yang telah hadir pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Umri dan memberikan hadiah umroh serta beasiswa kepada salah satu mahasiswa baru.

"Saat ini telah berada di tengah-tengah kita Ustad Adi Hidayat yang akan memberikan ilmu-ilmunya serta kami selaku keluarga besar Umri mengucapkan terimakasih sedalam-dalamnya sudah mengapresiasi mahasiswa kami yang hafal 30 Juz Al-Qur'an dan kami harap Umri juga akan mampu memberikan hadiah umroh kepada dosen dan tenaga kependidikan," katanya pada Kamis (19/9).

Lebih jauh, Ia juga menyebutkan untuk seluruh tendik dan dosen yang bekerja untuk datang ke kampus Umri dengan hati dan jiwa yang tenang sehingga akan mendapatkan hal yang luar biasa. "Datanglah ke kampus dengan jiwa yang tenang untuk memulai perkuliahan dengan melaksanakan shalat Dhuha serta membaca Ayat-ayat Al-Quran dan nantinya Insya Allah kita akan mendapatkan hasil yang luar biasa," sebutnya.

Kemudian, Rektor Umri mengingatkan kepada seluruh civitas akademika agar mencontoh kisah hidup Imam An-Nawawi. "Di antara hal yang penting menjadi perhatian bagi orang tua agar anaknya menjadi orang yang bermanfaat, mulia, terhormat dan berakhlak baik adalah dengan memastikan segala hal yang diberikan untuk anaknya, baik makanan maupun pakaian, berasal dari sumber yang halal," pungkasnya.

Dalam ceramahnya Ustad Adi mengatakan sebelum mencerdaskan kehidupan bangsa harus ada fondasi yang di dasarkan dengan iman dan taqwa. "Nantinya iman dan taqwa ini akan menjadikan akhlaq mulia, nilai-nilai ke-Islaman yang membentuk karakter akhlak mulia dengan prinsip iman dan taqwa itu di antara organisasi itu ada Muhammadiyah gerakan Islam kemudian dakwah Amar Ma’aruf Nahi Munkar," ujarnya.

Ia juga mengingatkan empat hal bagi para dosen dalam proses pembelajaran salah satunya dengan mengutamakan nilai-nilai religiusitas. "Pertama anda harus pakar dalam bidang yang akan anda ajarkan kepada mahasiswa, serta ilmu yang anda miliki juga harus didukung dengan penangkapan yang kuat dengan religiusitas sehingga apa yang anda sampaikan itu tidak hanya kekayaan intelektual tapi juga punya kekuatan moral yang bertahan dalam jiwa mahasiswa," tambahnya.

Lebih lanjut, UAH juga berharap para dosen di Umri akan mendapatkan murid yang mampu menggandeng tangan gurunya ke surga Allah SWT. "Dosen harus punya visi panjang dunia akhirat serta profesionalisme dibidangnya. Dosen agar sabar dalam menyampaikan ilmunya serta totalitas mengajar dan mendidik. Dosen juga dapat menampilkan apa yang diajarkan dalam realita, mulai dari diri sendiri dan menyebarkan ke muridnya. Terakhir, para dosen harus bisa menampilkan pembuktian dan proses pendidikan sehingga menjadi guru yang baik dengan perilaku yang mulia," pungkasnya. 

UAH dalam kegiatan ini memberikan apresiasi berupa hadiah umroh kepada orang tua dan mahasiwa baru Umri penghafal Al Quran 30 Juz sekaligus beasiswa kuliah sebesar 48 juta yang diterima oleh Rafi dari Fakultas Ilmu Komunikasi. Pada kesempatan yang sama, UAH juga memberikan apresiasi berupa uang pembinaan kepada tiga mahasiswa baru non Islam.

Dalam kegiatan penguatan AIK tersebut, dilakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Umri dengan Yayasan Institut Quantum Akhyar yang ditanda tangani Rektor Umri, Dr Saidul Amin MA bersama Dr Adi Hidayat Lc MA. Hal tersebut bertujuan meningkatkan dan mengembangankan potensi sumber daya yang dimiliki dalam hal pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta menyelenggarakan program pendidikan mahasiswa Qur’ani dan Tahfidz Qur’an. (Walida/Kiky)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah – Ribuan warga persyarikatan hadiri Pengajian Akbar Jum’at Kl....

Suara Muhammadiyah

6 May 2024

Berita

PEMALANG, Suara Muhammadiyah - Gerakan sholat subuh berjamaah (GSSB) dan pengajian akbar merupakan s....

Suara Muhammadiyah

12 August 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Jakarta telah menginovasi obat kumur pr....

Suara Muhammadiyah

19 November 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Implementasi Senam Bugar Muhammadiyah (SEGARMU) di SD Muhammadiyah Pepe....

Suara Muhammadiyah

12 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Di Hall Baroroh Baried, Universitas `Aisyiyah (Unisa) Yogyaka....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah