Unismuh Tingkatkan Kompetensi Juru Sembelih Halal Lewat Pelatihan JULEHA

Publish

14 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
199
Doc. Unismuh

Doc. Unismuh

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Komitmen Halal Center Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dalam mendukung pengembangan ekosistem halal di Sulsel terus berlanjut. Kali ini, melalui kolaborasi dengan Bank Indonesia (BI), Halal Center Unismuh Makassar kembali menggelar Pelatihan Juru Sembelih Halal (JULEHA) pada Rabu-Jum'at, 12-14 Juni 2024 di Hotel Swiss Belinn Panakkukang Makassar.

"Pelatihan ini merupakan yang kedua kalinya kami selenggarakan berkolaborasi dengan BI, mengingat tingginya permintaan masyarakat akan juru sembelih halal yang kompeten," ungkap Safri Haliding, Sekretaris Halal Center Unismuh Makassar.

Pelatihan JULEHA ini menjadi bagian dari rangkaian acara Unismuh Halal Fest, sebuah inisiatif dari Unismuh Makassar untuk mendorong pertumbuhan industri halal di Sulsel. Karenanya, Ia mengharapkan agar para peserta yang mengukuti acara tersebut dapat memberikan wawasan baru seputar penyembelihan hewan kurban.

"Kami berharap, melalui pelatihan ini, akan semakin banyak masyarakat yang memiliki pemahaman dan keterampilan yang memadai dalam proses penyembelihan halal," ujarnya..

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse menegaskan pentingnya peran perguruan tinggi dalam mendukung pengembangan ekosistem halal. Menurutnya ini merupakan bentuk pengejawantahan sebagai lembaga pendidikan yang memiliki tanggung jawab untuk mengedukasi sekaligus menciptakan masyarakat sadar halal.

"Melalui Halal Center Unismuh Makassar, kami berkomitmen untuk terus menyelenggarakan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang halal, termasuk pelatihan JULEHA ini," katanya.

Pelatihan JULEHA kali ini menghadirkan para ahli di bidangnya, seperti Wahyu Suhadji (Ketua Asosiasi Juru Sembelih Halal Sulawesi Selatan) dan Wahyu Munandar (Ketua Asosiasi Juru Sembelih Halal Kota Makassar), serta praktisi halal lainnya. Materi yang disampaikan mencakup teori dan praktik penyembelihan halal sesuai syariat Islam, serta aspek kesehatan dan keamanan pangan.

Antusiasme peserta yang berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari masyarakat umum, perwakilan pemilik rumah potong hewan, hingga pengurus masjid, menunjukkan besarnya minat masyarakat terhadap pelatihan ini. Hal ini menjadi motivasi bagi Halal Center Unismuh Makassar untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan-kegiatan terkait halal di masa mendatang. (Hadi/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Muballigh Hijrah Universita....

Suara Muhammadiyah

29 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Secara mengejutkan, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Moehi) berhasil ....

Suara Muhammadiyah

10 November 2023

Berita

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - LPCRPM (Lembaga Pengembangan Cabang Ranting dan Pembinaan Masjid....

Suara Muhammadiyah

9 December 2023

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Mudik Inklusi Ramah Anak dan Disabilitas (MIRAD), yang sebelumnya pad....

Suara Muhammadiyah

16 April 2024

Berita

SPANYOL, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 15 kader Ikatan Mahasiwa Muhammadiyah (IMM) yang berdomisili ....

Suara Muhammadiyah

9 August 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah