Unismuh Terima Hibah Kemdikbud Sebesar 3,6 Miliar

Publish

25 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
150
Dok. Unismuh

Dok. Unismuh

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Prof Ambo Asse, memberikan pengarahan dalam acara Penandatanganan Kontrak Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Hibah DRTPM Kemendikbudristek dan Hibah Internal Unismuh Makassar Tahun 2024. Acara ini digelar di UBC Lantai 2 Menara Iqra Unismuh Makassar pada Kamis, 25 Juli 2024.

Turut hadir dalam acara ini Ketua Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Unismuh, Dr Muh Arief Muhsin, serta para dosen penerima hibah DRTPM Kemendikbudristek tahun 2024. Tahun ini, Unismuh berhasil meloloskan 43 judul penelitian dan pengabdian masyarakat dengan total anggaran lebih dari Rp 3,6 miliar. Dalam detailnya, program pengabdian masyarakat mendapatkan anggaran sebesar Rp 661.199.000. Sementara itu, program penelitian mendapatkan anggaran sebesar Rp 3.040.940.000.

Dalam arahannya, Rektor Prof Ambo Asse menekankan pentingnya memanfaatkan dana hibah termin pertama, sebesar 80 persen dengan baik sesuai peruntukannya. "Semua dana hibah, baik yang berasal dari pemerintah maupun dari internal kampus, harus dipertanggungjawabkan dengan transparan dan tepat guna," ujarnya.

Unismuh Makassar selama ini telah banyak menerima hibah penelitian dan pengabdian masyarakat dari Kemendikbudristek serta dana kewirausahaan. Pengelolaan dana kewirausahaan Unismuh bahkan mendapat pengakuan administrasi pengelolaan keuangan terbaik dari LLDIKTI IX Sultanbatara.

"Tidak hanya itu, dana yang berasal dari mahasiswa maupun persyarikatan juga harus dipertanggungjawabkan secara akuntabel dan tidak boleh disalahgunakan," tandas Prof Ambo.

Rektor berharap para peneliti dan pelaksana pengabdian dapat menjalankan kegiatan sesuai dengan ketentuan yang ada. "Dana sebesar 80 persen jangan langsung dihabiskan untuk kegiatan yang tidak sesuai peruntukan. Gunakan dana tersebut untuk kegiatan yang terkait penelitian dan pengabdian. Kegiatan ini juga bisa melibatkan mahasiswa untuk meningkatkan nilai akreditasi," tambah Prof Ambo. (Hadi/Lika) 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Gelar Ngabuburead dan Meronce, Bidang PIP dan Ipmawati  YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mewuj....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Polarisasi kelompok yang disebabkan perang informasi di media sosial se....

Suara Muhammadiyah

17 May 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Suara Muhammadiyah (SM) Corner telah ada di Cilacap, dikelola ole....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Berita

LAMPUNG, Suara Muhammadiyah – Percaturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sangat tinggi. B....

Suara Muhammadiyah

10 June 2024

Berita

Gelar Talkshow Kesehatan Sekaligus Pembagian Hadiah Lomba Esai Nasional SURAKARTA, Suara Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

30 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah