UNISA Gelar Pelatihan Tingkatkan Kualitas Laboratorium Pendidikan Kesehatan

Publish

15 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
130
Dok. Istimewa

Dok. Istimewa

YOGYAKARA, Suara Muhammadiyah - Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya Pelatihan Pengelolaan Laboratorium Pendidikan Kesehatan oleh UPT Laboratorium UNISA Yogyakarta yang berlangsung selama dua hari dari hari Kamis dan Jumat, 15-16 Agustus 2024, di ruang sidang gedung Siti Moendjijah.

Pelatihan ini menjadi langkah strategis UNISA Yogyakarta dalam menjawab tantangan global yang semakin menuntut penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Laboratorium sebagai jantung pembelajaran praktik, memegang peranan krusial dalam mencetak lulusan yang kompeten dan siap menghadapi dunia kerja.

"Kondisi laboratorium yang memadai dan pengelolaan yang baik sangat penting untuk menunjang proses pembelajaran praktik," ujar Dr Sulistyaningsih, SKM., MHKes, Wakil Rektor I UNISA Yogyakarta.

"Melalui pelatihan ini, kami berharap kualitas pelayanan laboratorium di UNISA dapat terus ditingkatkan sehingga mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas,” tambahnya.

Ketua UPT Laboratorium UNISA Yogyakarta Dr Dhesi Ari Astuti, SSiT., MKes mengatakan salah satu tantangan yang dihadapi oleh banyak lembaga pendidikan adalah pengelolaan laboratorium yang belum optimal. Kondisi sarana prasarana laboratorium yang beragam, mulai dari ketersediaan alat, bahan, hingga pengelolaan data, seringkali menjadi kendala dalam pelaksanaan praktikum.

"Pelatihan ini memberikan bekal kepada para laboran dalam mengelola laboratorium secara efektif dan efisien," tutur Dhesi. "Dengan demikian, laboratorium dapat menjadi tempat yang kondusif untuk pembelajaran dan penelitian."

Pelatihan yang diikuti oleh 70 peserta dari berbagai daerah di Indonesia ini menyajikan materi yang sangat komprehensif dengan beberapa narasumber yang kompeten. Mulai dari pengelolaan laboratorium anatomi, K3 laboratorium biomedis, hingga pengelolaan laboratorium berbasis sistem informasi. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Dengan diselenggarakannya pelatihan ini, diharapkan laboratorium-laboratorium di UNISA Yogyakarta dapat menjadi rujukan bagi lembaga pendidikan lainnya. Selain itu, lulusan dari program studi kesehatan di UNISA diharapkan memiliki kompetensi yang tinggi dan siap bersaing di tingkat nasional maupun internasional. (Adi/Fab)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Peningkatan profesionalitas dan kualitas kelembagaan media ser....

Suara Muhammadiyah

24 August 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Perayaan Milad ke 107 Aisyiyah Sumatera Utara  yang digelar di audi....

Suara Muhammadiyah

10 June 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) DIY baru-baru ini menerbi....

Suara Muhammadiyah

24 February 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dekan dan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muha....

Suara Muhammadiyah

29 August 2024

Berita

BATU, Suara Muhammadiyah - Perumusan Raker SD Muhammadiyah 4 (Mudipat) Pucang Surabaya Tahun Pelajar....

Suara Muhammadiyah

18 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah