UMKU Selenggarakan Pelatihan Kader Kesehatan PEDEKATE

Publish

4 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
110
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Kudus(UMKU) menyelenggarakan pelatihan dan pengukuhan kader demensia pada anggota Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Kudus pada 31 Agustus  s.d 1 September 2024. Kegitan dikemas dalam program Pedekate, yaitu Peduli Demensia Komunitas Terpadu, Dosen UMKULaksanakan Pelatihan can Pengukuhan Kader Demensia Organisasi Aisyiyah Kabupaten Kudus.

PEDEKATE merupakan program pelatihan yang komprehensif untuk kader kesehatan. Kader kesehatan yang terlatih diharapkan mampu mendeteksi dan merawat lansia dengan demensia secara aktif di wilayah masing-masing. 

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Rektor UMKU ini berlangsung di ruang serbaguna dan diikuti sebanyak 34 kader kesehatan dari PDA Kudus dan PCA kota Kudus.

Rektor dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kegiatan pengabdian yang mendapat dukungan dari hibah dari kemendikbud. 

“Selama ini, pikun dianggap sebagai sebuah hal yang lumrah pada lansia, melalui pelatihan ini, semoga dapat mengatasi demensia  dan menjadi solusi pemecahan masalah yang baik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap demensia sehingga mampu mempertahankan pemenuhan kebutuhan Activity Daily Living (ADL) dan kualitas hidup pada lansia” kata Dr. Edy Soesanto

Demensia merupakan penyakit neurodegenerative(penyakit saraf) yang paling umum dialami oleh lansia. Secara global, lebih dari 50 juta orang menderita demensia , bahkan satu kasus baru terjadi setiap 3 detik.  

“Melihat kasus dimensia yang cukup signifikan, maka perlu pembinaan kader kesehatan terkait perawatan demensia, tujuannya untuk menciptakan komunitas yang supportif menangani dan mencegah demensia” ujar Jauhar M.Kep.

Ia juga menambahkan, kader kesehatan sebagai caregiver informal merupakan perpanjangan tangan tenaga kesehatan dan menjadi salah satu pilar utama dalam mengatasi demensia. Sinergitas lintas sektor dalam upaya menurunkan kasus demensia diharapkan mampu mendukung sasaran program dan kebijakan pemerintah dalam peningkatan derajat kesehatan lanjut usia.

Apresiasi juga diberikan Hj. Khosifah, S.Pdi salah satu peserta kader kesehatan. “Populasi Lansia dalam organisasi Aisyiyah cukup banyak, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat partisipasi organisasi Aisyiyah dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat khususnya lansia.” ujarnya. (AR/Alle)

 

 

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2024, Pimpinan Ranting &ls....

Suara Muhammadiyah

24 July 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mengg....

Suara Muhammadiyah

19 June 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Lembaga Pengembangan Cabang Ranting dan Pembinaan Masjid (LPC....

Suara Muhammadiyah

23 August 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir, MSi....

Suara Muhammadiyah

14 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Gelaran wisuda Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) periode II....

Suara Muhammadiyah

7 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah