UM Bengkulu Luncurkan Dua Kelas International

Publish

18 September 2024
UMB

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
45
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

BENGKULU, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) hari ini Selasa  (17/9) secara resmi meluncurkan dua Kelas Internasional (International Undergraduate Program / IUP) untuk program studi sarjana Pendidikan Bahasa Inggris dan Ilmu Komunikasi. Peluncuran ini menandai langkah besar UMB dalam menjawab kebutuhan pendidikan global dan mempersiapkan lulusan yang mampu bersaing di kancah internasional.

Kedua program internasional tersebut, yaitu International Program of English Education (IPEE) dan International Program of Communication Studies (IPCS), dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kurikulum internasional, lingkungan pembelajaran yang inklusif, dan dukungan dari pengajar berkualitas.

Kepala Kantor Kerjasama dan Urusan Internasional UMB, Andi Azhar, Ph.D, menyebutkan, "Program ini didesain untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan global. Melalui program ini, UMB berharap dapat mencetak lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki wawasan global, keterampilan komunikasi lintas budaya, dan kemampuan beradaptasi dalam berbagai konteks internasional," tegasnya. 

"Kehadiran dua program internasional ini diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang mampu bersaing di pasar kerja global dan memberi kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa,"

Bertha Tesma Wulandari, S.Kep., Ns.,M.Kep, Koordinator Program IUP UMB, menjelaskan bahwa program ini menawarkan berbagai keunggulan bagi mahasiswa, antara lain ⁠Kurikulum Hibrida Mahasiswa akan belajar menggunakan kombinasi kurikulum nasional (OBE/KKNI) yang memastikan keselarasan dengan standar pendidikan Indonesia, dan kurikulum internasional (General Education) yang memberikan wawasan global dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja masa kini.

"⁠Lingkungan Multikultural Mahasiswa akan berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai negara, menciptakan lingkungan belajar yang kaya akan budaya dan perspektif berbeda, serta meningkatkan kemampuan komunikasi lintas budaya. ⁠Penguasaan Bahasa Inggris: Seluruh proses pembelajaran menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar, sehingga mahasiswa akan mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris secara intensif dan siap berkomunikasi di tingkat internasional," ucap. 

⁠Jaringan Global Mahasiswa akan memiliki akses ke jaringan global melalui program pertukaran pelajar, magang internasional, dan kerjasama dengan universitas mitra di luar negeri, membuka peluang untuk memperluas wawasan dan pengalaman di tingkat global. ⁠Kesiapan Kerja Internasional: Lulusan program ini akan memiliki keterampilan yang sesuai dengan standar internasional dan pengalaman belajar lintas budaya, sehingga siap bersaing di pasar kerja global yang semakin kompetitif. ⁠Pengajar Internasional: Beberapa mata kuliah akan diajar oleh para profesor dari berbagai negara, memberikan mahasiswa kesempatan untuk belajar dari ahli-ahli terkemuka di bidangnya dan mendapatkan perspektif global yang lebih luas.

Ke depan UMB berencana untuk terus membuka kelas internasional lainnya di masa mendatang. Beberapa program studi telah menyatakan kesiapannya untuk membuka kelas internasional mulai tahun depan. Peluncuran kelas internasional ini dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan PKKMB UMB tahun 2024 yang digelar di Sportatorium UMB dan dihadiri oleh 2000 mahasiswa baru. (Humas/Lika)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 44 guru dan tenaga kependidikan SD Muhammadiyah Progra....

Suara Muhammadiyah

9 May 2024

Berita

KARAWANG, Suara Muhammadiyah - Program Studi Magister Hukum UAD dan UNSIKA menggelar FGD dan Visitin....

Suara Muhammadiyah

6 September 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bincang Bisnis Soewaramoe #2  digelar di cafe Soewaramoe lanta....

Suara Muhammadiyah

13 August 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 36 Surabaya mengikuti kegiatan Spor....

Suara Muhammadiyah

5 March 2024

Berita

OKU, Suara Muhammadiyah - Lazismu OKU Timur kolaborasi dengan organisasi dan komunitas di lingkungan....

Suara Muhammadiyah

16 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah