Tips Menemukan Pendekatan Pembelajaran Terbaik

Publish

4 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
163
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Tips Menemukan Pendekatan Pembelajaran Terbaik

Seperti yang diketahui bahwasanya dunia pendidikan itu terus berkembang. Kondisi ini mengharuskan Anda sebagai tenaga pendidik untuk mengetahui apa saja pendekatan pembelajaran dan memilih mana yang paling cocok diterapkan. Jangan sampai salah pilih karena bisa berpengaruh pada prestasi siswa. 

Pendekatan pembelajaran sendiri adalah cara pendekatan yang digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas untuk membantu para siswa memahami materi pembelajaran yang disampaikan dengan lebih baik. Supaya Anda tidak salah pilih, inilah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menemukan pendekatan pembelajaran terbaik. 

Tips Menemukan Pendekatan Pembelajaran Terbaik
Berikut ini tips-tips yang bisa Anda gunakan untuk menemukan pendekatan pembelajaran terbaik:

1. Tentukan Tujuan Pembelajaran

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan pembelajaran. Tips ini cukup penting untuk diperhatikan agar Anda bisa menemukan pendekatan atau metode pembelajaran terbaik. 

Tujuan pembelajaran itu bermacam-macam, misalnya bertujuan agar siswa bisa menguasai materi pembelajaran tertentu. Atau bisa juga bertujuan untuk penguasaan soft skill tertentu yang diharapkan bisa muncul melalui kegiatan belajaran mengajar yang dilakukan. 

2. Pahami Materi yang Ingin Dijelaskan di Kelas

Sebagai seorang guru, Anda harus memahami materi pelajaran yang ingin dijelaskan di kelas. Dengan memahami materi tersebut maka Anda bisa mengetahui pendekatan pembelajaran apa yang dirasa paling tepat untuk menjelaskan materi pelajaran tersebut. 

Untuk meningkatkan kreativitas, Anda juga bisa mempelajari pendekatan atau metode pembelajaran apa yang digunakan oleh orang lain untuk menjelaskan materi pelajaran yang sama. 

3. Pahami Karakteristik Siswa

Selanjutnya Anda harus memahami karakteristik siswa. Hal ini merupakan salah satu tanggung jawab guru untuk mengenal kelebihan maupun kekurangan siswanya. Dengan Anda memahami karakteristik siswa maka akan menjadi lebih mudah dalam menemukan pendekatan pembelajaran terbaik. 

Adapun beberapa informasi yang Anda butuhkan adalah mengetahui bakat maupun minat siswa, gaya belajar yang sesuai, kecerdasan dominan, bagaimana motivasi belajar siswa dan informasi lainnya. 

4. Tentukan Alternatif Pendekatan Pembelajaran yang Sesuai dengan Materi maupun Karakteristik Dominan

Dalam satu kelas biasanya terdiri dari beberapa siswa. Dimana masing-masing siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Meski begitu, ada karakteristik dominan yang harus diketahui agar bisa menemukan pendekatan atau metode pembelajaran yang tepat dan terbaik. 

Dengan mengetahui karakteristik dominan maka diharapkan pendekatan yang diterapkan bisa diterima oleh lebih banyak siswa. Meski begitu, Anda tidak boleh abai dengan siswa lainnya. Anda harus segera memikirkan alternatif pendekatan atau metode pembelajaran lain untuk mengakomodir kebutuhan semua siswa di kelas. 

5. Terapkan Beberapa Pendekatan Pembelajaran dalam Satu Kali Pertemuan

Dalam satu kali pertemuan, tidak ada salahnya untuk menerapkan beberapa pendekatan atau metode pembelajaran. Diharapkan dengan tips ini Anda bisa mengetahui pendekatan pembelajaran apa yang paling tepat dan cocok untuk diterapkan. 

Anda bisa menggabungkan beberapa metode pembelajaran seperti metode ceramah, metode demonstrasi dan metode eksperimen. 

6. Perhatikan Respons Siswa

Tidak hanya memikirkan pendekatan pembelajaran apa yang tepat untuk diterapkan, Anda juga harus peka dengan respon siswa. Perhatikan apakah siswa bisa mengikuti pembelajaran di kelas dengan baik atau tidak. Sikap abai siswa terhadap penjelasan guru bisa jadi karena cara penyampaian materi yang dilakukan kurang menarik perhatian.

Apabila siswa antusias dengan penjelasan Anda, itu menandakan jika cara penyampaian materi yang Anda lakukan cukup menarik dan mudah dipahami oleh siswa. 

Nah itulah 6 tips menemukan pendekatan pembelajaran terbaik. Perlu diketahui jika pendekatan dalam pembelajaran itu sangat penting. Apabila pendekatan pembelajaran yang diterapkan sudah tepat maka akan berpengaruh pada prestasi siswa. Selain itu, kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik dan menyenangkan. 

Pendekatan pembelajaran terbaik juga diterapkan di SMA Dwiwarna (Boarding School). SMA Dwiwarna (Boarding School) sendiri merupakan salah satu sekolah terbaik di Indonesia yang memiliki tenaga pendidik berkualitas dan berkompeten di bidangnya. Selain itu, siswanya banyak yang berprestasi dibidang akademik maupun non-akademik. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

Oleh: Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Mari kita telusuri kisah menakj....

Suara Muhammadiyah

13 September 2024

Wawasan

Tiga Pilar Hidup Berumah Tangga Oleh: M. Rifqi Rosyidi, Lc., M.Ag., Mudir Pondok Modern Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Wawasan

Oleh: Sobirin Malian Dosen Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan Dalam setiap hajatan Pemilu ada....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Wawasan

Oleh: Nurhira Abdul Kadir, Anggota Rombongan Tim Ekplorasi Potensi Kerjasama, Dosen UIN Alauddin Mak....

Suara Muhammadiyah

12 September 2024

Wawasan

Kenapa Tidak Ada Pemisahan Agama dan Negara dalam Islam? Oleh: Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu B....

Suara Muhammadiyah

27 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah