Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Dosen Uhamka Dampingi Kelompok Tani Sukatani

Publish

17 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
37
Dok. Istimewa

Dok. Istimewa

BOGOR, Suara Muhammadiyah – Dalam upaya meningkatkan perekonomian dan memberdayakan masyarakat lokal, sebuah program pengabdian masyarakat dilaksanakan di Desa Sukatani, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Program ini dilaksanakan pada Sabtu, (14/9), dengan mengusung tema "Pembuatan Minuman Fungsional Granul Instan dari Limbah Kulit Kopi (Cascara)" dengan menghadirkan masyarakat dari kelompok tani berbagai pihak terkait, termasuk akademisi dan pemerintah desa.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini mendapatkan dukungan dana Hibah DRTPM Kemdikbudristek tahun 2024, yang menunjang kinerja Perguruan Tinggi dan program pemerintah dalam memberikan kesempatan sinergi akademisi dengan masyarakat.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Budiyanto, Kepala Desa Sukatani yang dalam sambutannya mengapresiasi inisiatif ini. “Kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat bagi kelompok tani dan warga desa, karena memberikan wawasan baru tentang pemanfaatan limbah kulit kopi atau cascara, yang sebelumnya belum tergarap maksimal,” ungkap Budiyanto.

Dosen dari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) selaku pemateri dalam kegiatan ini, Fith Khaira Nursal, Anisa Amalia dari Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) UHAMKA serta Edi Setiawan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UHAMKA. Dalam materinya, Fith menjelaskan proses pembuatan minuman fungsional yang dilabeli dengan nama “CascaraMu”, produk minuman berbasis granul instan dari cascara yang memiliki manfaat kesehatan dan nilai ekonomis yang dibantu para mahasiswa, sebagai bagian dari pembelajaran MBKM.

Lalu Edi Setiawan menjelaskan dalam materinya strategi digital marketing dan branding bagaimana produk CascaraMu bisa dikenal melalui kanal digital. Program ini didukung penuh oleh Lembaga Pengabdian dan Pembedayaan Kepada Masyarakat (LPPM) UHAMKA melalui kehadiran Ari Widayanti selaku Sekretaris LPPM yang mengungkapkan pentingnya inovasi dalam pengelolaan sumber daya lokal.

"Dengan menciptakan produk seperti Cascaramu dari limbah kulit kopi, kita tidak hanya mengurangi limbah, tetapi juga memberikan nilai tambah dan potensi ekonomi bagi masyarakat," jelas Ari.

Selain itu, kegiatan ini mendapat dukungan dari pihak mitra, seperti Mulyana dan Asep yang aktif dalam pengembangan produk di lapangan. Mulyana sebagai Pihak Mitra dan Tuan Rumah berharap agar produk CascaraMu dapat dikembangkan secara berkelanjutan oleh kelompok tani dan masyarakat desa, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian desa.

Pada kesempatan ini juga diserahkan alat yang diperlukan dalam pembuatan produk berupa mesin kristalisasi, mesin Rajang, mesin penggiling, serta alat-lat lainnya oleh Tim UHAMKA kepada Mitra PokTan disaksikan Kepala Desa dan seluruh peserta.

Dalam kegiatan tersebut, tim UHAMKA tidak hanya memberikan teori, tetapi juga melakukan praktik langsung bersama warga tentang cara mengolah cascara menjadi produk minuman granul instan yang siap dipasarkan. Antusiasme warga sangat tinggi, terutama setelah melihat potensi besar dari produk tersebut dalam meningkatkan perekonomian lokal.

Kegiatan ini ditutup dengan harapan dari peserta bahwa produk CascaraMu dapat menjadi ikon minuman fungsional lokal yang tidak hanya digemari di kalangan masyarakat sekitar, tetapi juga memiliki peluang untuk dipasarkan lebih luas. Dengan sinergi antara akademisi, pemerintah desa, dan masyarakat, diharapkan Desa Sukatani dapat menjadi pelopor dalam inovasi produk berbasis limbah kopi di wilayah Bogor. (Edi/Fab)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Sesaat rangkaian pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Majel....

Suara Muhammadiyah

1 June 2024

Berita

LABURA, Suara Muhammadiyah - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara melaksanakan perayaan dalam rang....

Suara Muhammadiyah

25 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta (SPs UMJ) melulu....

Suara Muhammadiyah

30 July 2024

Berita

PONTIANAK, Suara Muhammadiyah – Rangkaian milad Muhammadiyah ke 111, Pimpinan Wilayah Muhammad....

Suara Muhammadiyah

29 November 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 104 mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Agama Islam....

Suara Muhammadiyah

23 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah