Tim Pengmas Dosen Uhamka Berikan Pelatihan Desain 3D Menggunakan Aplikasi Tinkercard bagi Guru SMP Muhammadiyah 4 Jakarta Timur

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
231
Dokumen Humas Uhamka

Dokumen Humas Uhamka

Tim Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Publikasi (LPPMP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) pada program hibah Risetmu di Lingkungan Persyarikatan tahun pelaksanaan 2024-2025 laksanakan skema pengabdian Masyarakat yang berlangsung di SMP Muhammadiyah 4 Jakarta Timur bertemakan Desain 3D Aplikasi Tinkercad Mampu Membuat Tampilan Materi Pembelajaran Yang Menarik Bagi Siswa, Jum’at (13/6).

Tim ini sendiri diketuai oleh Rosalina selaku Dosen FTII Uhamka, dengan anggota Ade Davy Wiranata selaku dosen dari FTII Uhamka, dan Akhmad Haqiqi Ma’mun selaku dosen Pascasarjana Uhamka, dibantu dari tiga orang anggota mahasiswa FTII yaitu Ahmad Amirudin Mukhtar, Ninda Baitza Maulana, Abrar Dyah Rabbani. 

Dalam kegiatan ini, tim pengmas melatih guru-guru untuk lebih berkreasi dalam membuat materi pembelajaran dengan  menggunakan aplikasi Desain 3D Tinkercad. 

Rosalina sebagai ketua Tim pengmas Risetmu di lokasi ini mengatakan bahwa pembelajaran adalah aktivitas yang diberikan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik agar terjadi proses transfer ilmu pengetahuan. Proses transfer ilmu ini agar lebih berhasil maka disarankan kepada guru-guru untuk berinovasi terhadap visualisasi materi yang ditampilkan. 

“Dengan memberikan tampilan gambar yang menarik yaitu bergaya desain 3D menggunakan aplikasi Tinkercad, sehingga diharapkan siswa terpacu untuk membaca dan belajar dari tampilan materi yang disajikan,” ujarnya. 

Lebih lanjut ibu Rosalina memberikan pengarahan bahwa pengambaran visual ini terutama untuk bidang ilmu Matematika, IPA (Fisika, Biologi, Kimia), Kesenian yang ditujukan untuk mengambar tentang objek sasaran. Sedang mata pelajaran IPS secara umum manggambarkan situasi sejarah atau kondisi lokasi sejarah.

Selanjutnya, dalam hal ini Akhmad Haqiqi memberikan materi mengenai media pembelajaran. Ia menjelaskan bahwa Media pembelajaran terdiri dari berbagai macam jenis dan manfaat. Menurutnya, aplikasi Tinkercard akan membantu guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran.

“Terkait media pembelajaran ada beberapa yang bisa digunakan antara lain Audio, Non-Projected, Project Visual, Video dan Film, Multimedia Kits, Electronic distribution system, Games anf simulation. Penggunaan aplikasi Tinkercad sebagai media pembelajaran sangat Efektik dan mudah diakses bagi siswa untuk memahami materi pembelajaran yang disajikan. Guru juga lebih mudah dalam memberikan penjelasan terhadap fokus materi pembelajaran,” tuturnya.    

Dalam pelatihan media pembelajaran ini, guru-guru sangat antusias dalam mendengarkan penjelasan dari beberapa nara sumber sehingga banyak pertanyaan dari peserta yang sifatnya ingin lincah dalam menggunakan aplikasi desain 3D Tinkercad. 

Berharap, kegiatan ini akan berkelanjutan dan terus membangun komunikasi dengan mitra sehingga mitra terus terpacu dalam berinovasi dalam visualisasi materi pembelajaran sehingga target akan meningkatkan minat belajar anak akan tercapai. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pos Bantuan Hukum (Posbakum) 'Aisyiyah Kalimantan Tengah h....

Suara Muhammadiyah

4 December 2024

Berita

KEMBARAN, Suara Muhammadiyah – Dalam suasana penuh khidmat, Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM....

Suara Muhammadiyah

23 December 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Setelah sebelumnya terjadi kemiteraan dengan Baitut Tamwil Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

24 July 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Para mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung terus berkr....

Suara Muhammadiyah

4 May 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kegiatan kuliah di luar kampus dinilai dapat memberikan wawasan dan pe....

Suara Muhammadiyah

9 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah