Tampil Memukau, Pelantikan PKS SD Muhammadiyah Condongcatur Sukses

Publish

31 August 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
162
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pelantikan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SD Muhammadiyah Condongcatur Tahun Pelajaran 2024/2025 berlangsung sukses di Lapangan Mapolda DI Yogyakarta, Sabtu (31/08/2024).

PKS merupakan salah satu program SD Muhammadiyah Condongcatur sebagai suatu wadah dari partisipasi pelajar di bidang lalu lintas, khususnya mengatur penyeberangan di jalan umum di lingkungan sekolah. PKS juga membentuk karakter siswa dan menumbuhkan jiwa tangguh dan disiplin.

Amanat Kapolresta Sleman disampaikan Kasat Lantas Polresta Sleman Kompol Andhies Fitriya Utomo, ST, SIK. Dirinya bangga dengan PKS SD Muhammadiyah Condongcatur yang telah melakukan latihan dengan sungguh-sungguh hingga hari ini resmi mengikuti pelantikan secara resmi.

Andhies mengungkapkan bahwa PKS memiliki peran, pertama yaitu menanamkan kebiasaan kepada para pelajar agar sejak duduk di bangku sekolah dasar telah mengenal dasar-dasar pengaturan dan peraturan lalu lintas. Begitu juga mengenal cara-cara berperilaku yang benar.

Kedua, diharapkan para siswa mampu membantu penyeberangan di jalan umum di sekitar sekolah masing-masing. “Kepada para siswa yang baru saja dilantik saya ucapkan selamat, semoga pengetahuan yang telah para siswa dapatkan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya,” tuturnya. 

Oleh karena itu, Andhies, berterima kasih kepada Kepala Sekolah dan segenap guru karena telah menjalin kerja sama yang baik antara pihak sekolah dan pihak kepolisian. Dalam hal ini membina generasi muda melalui pelatihan Patroli Keamanan Sekolah dengan pelaksanaan pelantikan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Andhies menyampaikan pesan kepada siswa yang dilantik menjadi PKS SD Muhammadiyah Condongcatur. Dalam melaksanakan tugas sebagai PKS, tanamkan disiplin pribadi yang tinggi dalam setiap pelaksanaan tugas dengan senantiasa memperhatikan keselamatan baik diri sendiri maupun orang lain. Serta kerapian dan ketegasan dalam menjalankan tugas. 

Kedua, pahami dengan benar 12 gerakan peraturan lalu lintas agar para siswa tidak ragu-ragu lagi dalam melaksanakan peraturan di jalan. “Oleh karena itu, kalian harus sering berlatih,” pesannya.

Ketiga, selalu berkoordinasi dan silaturahmi dengan Polresta Sleman dalam setiap kesempatan sehingga dapat membuat kegiatan PKS berjalan lebih baik. Keempat, sebelum melaksanakan tugas jangan lupa untuk selalu berdoa. Agar dalam menjalankan tugas dapat berjalan dengan baik dan mendapat perlindungan Allah SwT.

Di sela-sela kegiatan, Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur Sulasmi, SPd menyampaikan rasa syukurnya atas pelantikan PKS dapat berlangsung rutin setiap tahun ini. "Dulu dilaksanakan di kelas 5, selama 3 tahun ini kita alihkan ke kelas 4 dengan pertimbangan menjadi keunggulan di kelasnya masing-masing," ungkap Sulasmi. 

Dirinya mengapresiasi para petugas PKS terutama para siswa putri yang tampil dengan semangat dan sangat baik. "Saya berharap dengan dilantiknya anak-anak ini menjadi Patroli Keamanan Sekolah (PKS) sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas khususnya di sekolah yang kemudian bisa menyampaikan di lingkungan keluarganya," tuturnya.

PKS sebagai wadah pembentukan karakter mulai dari pelatihan hingga pelantikan membutuhkan proses. Apalagi ketika sudah bertugas karakter disiplin dan memberikan contoh baik akan lebih terasah.

Bertindak sebagai komandan upacara Ananda Armina, Komandan Pleton yaitu Fatih, Abiyasa, dan Quinsha. Pembawa acara Hana Alicia, perwakilan penyematan Ali dan Makayla, pembaca Janji PKS oleh Asyifa, pembaca do’a oleh Adzkia, serta pembawa baki Aruna dan Zahra.

PKS SD Muhammadiyah Condongcatur tampil memukau dengan melakukan gerakan konfigurasi dan baris berbaris dengan rapi dan teratur dipadupadankan dengan pemeriksaan kerapian. Selain itu, penampilan khusus disuguhkan oleh Pleton Inti SD Muhammadiyah Condongcatur yang memakai baret merah yang atraktif diakhiri pembentangan layar dengan saling bahu membahu. 

Turut hadir Wakasat Lantas Polrestas Sleman AKP Arfita Dewi, SIKom, Majelis Dikdasmen PDM Sleman, BKS Muhammadiyah Sleman, Panewu Depok, Ketua PCM Depok, Majelis Dikdasmen PCM Depok, Perwakilan Kanit Lantas Polsek Jajaran, Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur, Kepala Sekolah ) SD Muhammadiyah Condongcatur 2, serta para tamu undangan lainnya dan perwakilan orang tua/wali siswa. (Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah sejak awal telah memiliki hubungan yang erat dengan dunia....

Suara Muhammadiyah

13 December 2023

Berita

KUDUS, Suara muhammadiyah – Pengurus Koperasi ‘Aisyiyah Kudus mengikuti Sosialisasi dan ....

Suara Muhammadiyah

30 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Raden Isnanta membuka Kuliah Kewirau....

Suara Muhammadiyah

14 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta menyelenggarakan ....

Suara Muhammadiyah

3 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Abdul Razaq Fakhruddi....

Suara Muhammadiyah

12 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah