Spirit Al-Maun Menjadikan Pelayanan Kesehatan Muhammadiyah Berkeunggulan

Publish

5 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
124
Agus Taufiqurrahman. Foto: Medkom PP Muhammadiyah

Agus Taufiqurrahman. Foto: Medkom PP Muhammadiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pendiri Persyarikatan Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan telah menginspirasi umat dan masyarakat. Kiprahnya begitu rupa, terutama dalam bidang sosial. Dalam sejarahnya, KH Ahmad Dahlan memberikan pengajaran kepada murid-muridnya ihwal Surat Al-Maun. Yang kemudian diejawantahkan dengan membantu orang-orang kesulitan tanpa membeda-bedakan keyakinan.

“Maka, munculah kegiatan sosial waktu itu di sidang Muhammadiyah pada tahun 1920 dibentuklah majelis PKO (Penolong Kesengsaraan Oemoem). Jadi dulu masih Bahagian PKO,” ujar Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman saat di wawancarai Suara Muhammadiyah di sela-sela Sidang Senat Terbuka Milad ke-33 Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Rabu (5/9) di Convention Hall Masjid Walidah Dahlan.

Agus melanjutkan, pembentukan Bahagian PKO itu diinisiasi oleh KH Sudja’. Di mana ada sebuah usulan untuk membentuk rumah sakit, rumah yatim, dan rumah miskin. Selang tempo 3 tahun kemudian, mulai berdiri klinik kesehatan pertama milik Muhammadiyah yaitu PKO Muhammadiyah di Yogyakarta. Klinik berikutnya berada di Surabaya yang diinisiasi Soetomo.

“Itulah awalnya bahwa Muhammadiyah memberikan pelayanan kesehatan sebagai upaya Penolong Kesengsaraan Oemoem sebagai implementasi dari Al-Maun. Jadi spirit Al-Maun berupaya untuk menolong siapa pun yang membutuhkan pertolongan untuk mewujudkan Islam yang rahmatan lil ‘alamin,” jelasnya.

Sampai sekarang, pelayanan kesehatan Muhammadiyah terus dilakukan. Semua ini bisa dilakukan karena karakteristik pelayanan kesehatan Muhammadiyah yaitu peduli kepada kaum dhu’afa, kasih sayang, inklusif, berkemajuan-berkeunggulan, dan membumikan nilai-nilai Islam dalam pelayanannya.

“Ini menjadi tantangan tersendiri bagi Muhammadiyah karena harus selalu menyediakan pelayanan kesehatan harus sesuai karakteristik di atas,” tuturnya.

Tantangan pelayanan kesehatan yang dihadapi Muhammadiyah tidak mudah. Maka, Agus membeberkan telah mempersiapkan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Selain itu, perlu mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. “Itu dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik,” imbuhnya.

Ditambah, Muhammadiyah terus berupaya menyediakan infrastruktur yang berkualitas. Semua itu dibangun di atas sistem yang kokoh. Yakni sistem Islami rumah sakit yang unggul. “Jadi bagaimana kita membentuk rumah sakit yang unggul dan maju tetap dengan nilai-nilai Islam. Sehingga ciri khas pelayanannya jelas baik,” sambungnya.

Agus mengatakan fokus pelayanan kesehatan Muhammadiyah ke depan akan melanjutkan penguatan pelayanan kesehatan. “Amal usaha yang sudah ada, kita kuatkan menjadi amal usaha yang semakin baik,” katanya. Lalu, meluaskan jaringan pelayanan kesehatan di 3T (Terjauh, Terluar, dan Terpinggir).

“Muhammadiyah mencoba merambah memberikan fasilitas kesehatan di tempat itu seperti yang sekarang kita persiapkan di Papua dan Nusa Tenggara Timur,” jelasnya.

Lalu, menguatkan jaringan. Dan mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan oleh amal usaha kesehatan. Muhammadiyah telah merintis produk cairan infus merek Suryavena. “Itu harus menjadi perhatian kita serius, di samping membangun sinergi dalam membangun kesehatan umat dan bangsa,” tandasnya. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Kekuatan yang dapat membuat Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) hidup d....

Suara Muhammadiyah

10 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menjadi tuan rumah sosial....

Suara Muhammadiyah

18 January 2024

Berita

BANJARBARU, Suara Muhammadiyah - Lazismu Banjarbaru menggelar aksi bagi-bagi bakso gratis dalam....

Suara Muhammadiyah

18 July 2024

Berita

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Sudah menjadi agenda rutin mingguan bahwa di setiap hari Ahad pagi ....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bersama Asosiasi Ins....

Suara Muhammadiyah

1 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah