Semua Bisa Kuliah! UM Bandung Sediakan Kelas Karyawan dan RPL untuk Pekerja

Publish

22 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
118
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) terus memperkuat komitmennya dalam memberikan akses pendidikan yang lebih luas dan fleksibel bagi masyarakat, khususnya bagi para karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Salah satu langkah nyata yang diambil adalah dengan membuka kelas karyawan dan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang dirancang khusus untuk para pekerja.

Wakil Rektor I UM Bandung Hendar Riyadi menyatakan bahwa program Kelas Karyawan dan RPL di UM Bandung menawarkan berbagai kemudahan bagi karyawan yang ingin menyeimbangkan antara pekerjaan dan studi. Dengan jadwal kuliah yang fleksibel dan opsi pembayaran biaya pendidikan yang dapat dicicil, mahasiswa dapat menyesuaikan waktu belajar tanpa harus mengorbankan pekerjaan. Selain itu, UM Bandung juga menyediakan pilihan perkuliahan secara daring guna mendukung karyawan yang memiliki mobilitas tinggi.

"Kami memahami bahwa banyak karyawan memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan pendidikan, tetapi sering kali terkendala oleh waktu dan kesibukan pekerjaan. Oleh karena itu, UM Bandung hadir dengan solusi Kelas Karyawan dan RPL yang menawarkan kemudahan dalam menempuh pendidikan tanpa harus meninggalkan pekerjaan mereka," ujar Hendar pada Kamis (22/08/2024).

Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan UM Bandung. Melalui program ini, karyawan yang memiliki pengalaman kerja relevan dapat mengajukan pengakuan atas kompetensi yang dimiliki. Hal ini memungkinkan mereka untuk mempercepat waktu studi karena pengalaman kerja tersebut dapat dikonversi menjadi kredit akademik.

"Kami ingin memastikan bahwa para karyawan mendapatkan kesempatan untuk terus belajar dan berkembang tanpa harus memulai dari awal. Dengan RPL, mereka dapat menghemat waktu dan biaya sehingga proses pendidikan menjadi lebih efisien. Mereka hanya perlu kuliah selama dua tahun saja," tambah Hendar.

UM Bandung memiliki empat fakultas dan delapan belas program studi yang bisa menerima mahasiswa melalui program RPL. Namun, untuk Kelas Karyawan, saat ini baru delapan program studi yang ditawarkan. Di antaranya PAI, PIAUD, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Hukum Keluarga Islam, Administrasi Publik, Ekonomi Syariah, Manajemen, dan Akuntansi.

UM Bandung juga menyediakan fasilitas pendukung yang lengkap dan dosen-dosen berpengalaman yang siap membantu mahasiswa mencapai prestasi akademik yang optimal. Hendar optimis bahwa kedua program ini akan disambut dengan antusias oleh para karyawan. Dengan dibukanya Kelas Karyawan dan RPL, Hendar berharap UM Bandung dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, khususnya di kalangan karyawan.

“Program ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi mereka yang ingin terus belajar dan mengembangkan diri di tengah kesibukan pekerjaan. Bagi karyawan yang berminat, pendaftaran Kelas Karyawan dan RPL di UM Bandung masih terbuka. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui laman resmi UM Bandung atau dengan menghubungi bagian penerimaan mahasiswa baru,” tandas Hendar.*(FK/FA)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Bertempat di Gedung Pimpinan Pusat Muhammadiyah, telah dilaksana....

Suara Muhammadiyah

20 August 2024

Berita

PULANGPISAU, Suara Muhammadiyah - Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) bersinergi dengan Taman Pustak....

Suara Muhammadiyah

1 April 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Sabtu, 3 Agustus 2024 MBS Pleret melaksanakan Safari Madrasah dan Sosia....

Suara Muhammadiyah

7 August 2024

Berita

LAMPUNG TIMUR, Suara Muhammadiyah - Tepat pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023 bertempat dihalaman madra....

Suara Muhammadiyah

29 October 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Universitas ‘Aisyiyah Surakarta menjadi tuan rumah kegiatan R....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah