Sekolah Lansia Pro-Simbah UAD Tingkatkan Kualitas Hidup Lansia

Publish

10 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
65
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Setiap tahun diperkirakan jumlah lansia semakin meningkat. Tim dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar program sekolah lansia dengan nama Pro-Simbah.

Pro-Simbah merupakan Program Sekolah Lansia Integrasi dengan teknologi. "Di Sekolah ini, simbah bisa menonton film dan merasakan secara langsung bagaimana rasanya Sa'i dengan menggunakan alat seperti kacamata ini, namanya Virtual Art Therapy", ungkap Dody selaku Ketua Tim Pengabdian Masyarakat.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan yang didanai oleh Kemdikbudristekdikti RI, yang diketuai oleh Dr Dody Hartanto, MPd (Dosen Prodi Bimbingan Konseling FKIP UAD), beranggotakan Dr Bambang Sudarsono, MPd (Dosen Prodi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UAD), Okimustava, MPdSi dan Ariati Dina Puspitasari, MPd (Dosen Prodi Pendidikan Fisika FKIP UAD). Bermitra dengan Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Sedayu, Bantul.

Launching Pro-Simbah dilaksanakan Ahad, 8 September 2024 bertempat di Desa Argorejo, Sedayu. Kegiatan dihadiri oleh Ketua Badan Riset Inovasi (BRIN) UAD, Panewu Sedayu diwakili bidang kesejahteraan sosial, Lurah desa Argorejo, Dukuh, juga Pimpinan Cabang dan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Se-Sedayu, serta para peserta sekolah lansia.

Ketua PCA Sedayu Sukartini mengaku sangat bahagia dengan adanya program ini, dan merasa terbantu karena sesuai dengan Program PCA, "program ini  akan menjadi program yang bersinergi dan berkelanjutan di bawah koordinasi majelis kesejahteraan sosial," katanya.

Panewu Sedayu Aji Minarno menyebut, melalui koordinator bidang kesejahteraan sosial menyampaikan bahwa program ini adalah program pertama yang ada di Sedayu. "Program ini belum ada di Sedayu, Panewu sangat berterimakasih dan berharap dapat membantu lansia lebih produktif," jelasnya

Sekolah Lansia di launching oleh Ketua BRIN UAD Prof Anton Yudhana, PhD. Ia berharap bahwa keberadaan sekolah lansia ini tidak hanya sekali program selesai, namun dapat berkelanjutan dengan adanya peserta-peserta lainnya karena buku dan kurikulum telah disusun oleh tim. 

"Berdirinya plang kemitraan ini menunjukkan bahwa sekolah lansia harus terus berlanjut dengan kemitraan yang telah dibangun oleh UAD. Siapa tahu ada lansia yang belum terdaftar di sekolah lansia, dapat ikut di sesi berikutnya," terang.

Launching Pro-Simbah ditandai dengan pemotongan pita dan penyerahan alat-alat seperti papan tulis, LCD dan layar, Virtual Art Therapy, Angklung, pot, pupuk, dan sebagainya. "Di sekolah ini simbah-simbah akan diajari bermain angklung, belajar hukum agar tidak mudah diapusi, tanam menanam. Harapannya simbah-simbah lebih bahagia sehingga kualitas hidup dapat meningkat," terang Dody, Ketua Tim. (Fab/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Ratusan pengunjung kajian memeriksakan kesehatannya di ruang yang disediakan Rumah sakit PKU Muhamma....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Majelis Pembinaan Kader (MPK) PW Aisyiyah Sumatera Utara menggelar....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Eco Bhinneka Muhammadiyah menerima kunjungan dari Ibu-Ibu Ulama Aceh p....

Suara Muhammadiyah

30 May 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Kepengurusan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bewara Pers Univ....

Suara Muhammadiyah

10 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Siswa-siswi berbakat dari SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta di bawah bi....

Suara Muhammadiyah

14 August 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah