Santri PUTM Diwisuda, Thalabah Siap Mengabdi

Publish

24 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
634
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Pendidikan Ulama Tarjih Muhamamdiyah (PUTM) mewisuda sebanyak 52 santri pada tahun ajaran 2023/2024. Selain mewisuda, juga diisi dengan pelepasan pengabdian thalabah sebanyak 41 santri. Acara ini dilaksanakan pada Sabtu (24/8) di Kampus 1 PUTM Kaliurang, Ngipiksari, Pakem, Sleman, DIY.

Hadir Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Syamsul Anwar, MA, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr H Hamim Ilyas, MAg, Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Aisyiyah Evi Sofia Inayati, Spsi, Wakil Rektor Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Dr Nur Kholis, SAg., MAg, dan Badan Pembina Harian PUTM Drs H Fahmi Muqoddas, MHum.

Mudir PUTM Drs H Dahwan Muchrodji, MSi melaporkan, jumlah santri PUTM saat ini mencapai 250 orang terdiri dari 111 laki-laki dan 94 perempuan. Menurutnya, PUTM sebagai sekolah khusus berorientasi mendidik sekaligus melahirkan ulama tarjih Muhammadiyah. 

“Mereka akan mengisi kekosongan ulama yang semakin langka keberadaannya,” ujarnya.

Selama tempo 4 tahun, santri mendapatkan pembelajaran di bidang keilmuan, dakwah, tafaqquh fi ad-din, pendidikan dan kepemimpinan Islam. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengabdian 3 tahun di Persyarikatan Muhammadiyah.

“Dengan materi pembelajaran yang diberikan selama mengikuti pendidikan di PUTM, seharusnya santri ikut berkiprah dalam kegiatan ketarjihan di kehidupan,” tuturnya.

Dahwan berharap, santri yang di wisuda dan juga yang melaksanakan pengabdian, harus bisa menjaga nama baik PUTM. Lebih lanjut, mampu mengaktualisasikan ilmu yang telah diperoleh selama mengenyam pendidikan di PUTM. 

“Kami mengharapkan, para santri yang melaksanakan pengabdian dapat mengamalkan ilmu dan mengembangan Muhammadiyah di wilayah masing-masing. Terutama bisa membantu gerak dari Majelis Tarjih dan Tajdid yang ada di PDM dan PWM. Sedangkan yang telah di wisuda, tetap teguh dan istikamah mengabdi kepada Persyarikatan Muhammadiyah,” pesannya. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammad....

Suara Muhammadiyah

31 October 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah – SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul sukses menyelenggarakan kegia....

Suara Muhammadiyah

25 October 2023

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali mengukuhkan po....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Berita

Mengusung Spirit Perjuangan Palestina dan Pemberian Penghargaan pada Pimpinan, Dosen, Karyawan dan M....

Suara Muhammadiyah

7 September 2024

Berita

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Dengan bangga, kami mengumumkan bahwa dua tim dari SD Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah